Apa saja pulau di Indonesia yang diakui sepihak oleh negara asing?

Apa saja pulau di Indonesia yang diakui sepihak oleh negara asing?

Jawaban

Pulau – pulau yang ada di Indonesia yang diakui sepihak oleh negara asing adalah sebagai berikut:

  • Blok Ambalat.

Sejak akhir tahun 1960, saat Malaysia membuat pemetaan daerah yang baru, negara Malaysia mulai mengakui bahwa Blok Ambalat termasuk ke dalam wilayahnya.

  • Kepulauan Ligitan.

Negara Malaysia mengakui bahwa Pulau Ligitan ini merupakan miliknya saat melakukan pemetaan kembali pada tahun 60-an.

  • Kepulauan Sipadan.

Bersamaan dengan Pulau Ligitan, sebelum diserahkan ke Malaysia, Pulau Sipadan ini menjadi wilayah yang dinyatakan dalam kondisi status quo (sengketa).

  • Kepulauan Natuna.

Negara China tiba – tiba mengakui bahwa Kepulauan Natuna yang berada di Kepulauan Riau sebagai wilayah laut milik Negaranya.

Hal ini diketahui setelah Kepulauan Natuna masuk ke dalam peta terbaru yang telah Negara mereka keluarkan.

Bahkan gambar kepulauan yang jelas – jelas terdapat di wilayah Indonesia, kini masuk ke dalam paspor warganya.

Pembahasan

Sebagai warga Negara Indonesia yang baik kita wajib melarang keras ketika terdapat pulau di Indonesia dan diakui atau dikuasai oleh Negara asing. Tetapi, dengan melarang saja tidaklah cukup, kita juga harus lebih cerdas dan teliti dengan memahami duduk perkara dan belajar lebih mengenal pulau – pulau milik Negara Indonesia.

Pengakuan atau penguasaan Negara asing atas wilayah milik Negara asing lainnya bukan perkara yang mudah, sebab PBB turut mengawasi hal tersebut. Jadi, pada saat terjadi perpindahan kekuasaan, maka harus dilandasi dengan alasan yang sangat kuat.

Negara Indonesia merupakan Negara Kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau. Sebagian kecil pulau tergolong pulau besar dan sebagian besar lainnya tergolong sebagai pulau kecil. Jumlah yang tidak sedikit ini memang membuat pemerintah kerepotan dalam mengurusnya dan bahkan banyak di antara pulau – pulau ini yang bahkan belum bernama sebab tidak berpenghuni.

Check Also

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari Jawaban Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah Beriman, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.