Perbedaan antara kerak benua dan kerak samudra

Perbedaan antara kerak benua dan kerak samudra

Jawaban

Kerak benua dan kerak samudera memiliki perbedaan yakni berada pada bahan penyusun dari kedua jenis kerak bumi tersebut. kerak benua terdiri dari unsur – unsur ringan seperti silisium dan alumunium. Sementara, kerak samudera terdiri dari silisium dan magnesium. Adapun perbedaan bahan penyusun antara kedua kerak tersebut dapat menyebabkan perbedaan berat jenis dari keduanya. Kerak samudera mempunyai berat jenis yang lebih besar dari kerak benua walaupun kerak samudera lebih tipis dari kerak benua. Berat jenis kerak samudera ini kurang lebih adalah 3 gr/cc sementara tebalnya sekitar antara 5-15 km. Ketebalan itu akan kalah dengan ketebalan kerak benua yang dimana ketebalannya mencapai 30-80 km tetapi berat jenisnya sekitar 2,85 gr/cc.

Adapun perbedaan lain berada pada sifat batuan yang menyusun kerak benua dan kerak samudera. Kerak benua terdiri dari batuan granitis yang memiliki sifat asam, sementara kerak samudera terdiri dari batuan basaltis yang memiliki sifat basa.

Pembahasan

Pengertian dari Kerak Samudera adalah bagian dari litosfer bumi yang dimana permukaannya terdapat di cekungan samudera, yang terdiri dari batuan mafic atau sima (silikat magnesium). Kerak ini lebih tipis jika dibandingkan dengan kerak benua yakni sekitar 5-15 km .

Pengertian dari Kerak Benua adalah rekaman utama keadaan bumi selama 4,4 miliar tahun terakhir. Proses pembentukannya dapat mengubah komposisi lapisan mantel dan atmosfer bumi yang mendukung kehidupan. Kerak benua merupakan suatu lapisan penyusun benua atau yang sering disebut sebagai sial (karena mengandung silikat alumunium) serta mempunyai ketebalan 30-80 km.

Check Also

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur!

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur! Jawaban Karya miniatur adalah salah satu jenis dari …