Jelaskan komponen-komponen pengembangan software

Jelaskan komponen-komponen pengembangan software

Jawaban

Pengembangan software memiliki beberapa komponen yaitu :

  1. Analisis Kebutuhan
  2. Desain Sistem
  3. Penulisan kode program (koding)
  4. Pengujian program
  5. Implementasi dan pemeliharaan program

Pembahasan

Software adalah perangkat lunak atau peranti lunak yang istilah khususnya sebagai data yang diformat dan disimpan dalam bentuk digital atau terkomputerisasi. Contohnya seperti program komputer, dokumentasi, dan berbagai informasi yang dapat dibaca, tulis, edit dan juga hapus oleh komputer. Kata lain yang cocok untuk software adalah bagian sistem komputer yang tidak berwujud.

Untuk mengembangkan sebuah software ada beberapa komponen yang harus diketahui oleh pengembang, biasanya berisi tahapan-tahapan dari  pengembangan software dengan beberapa model yang diinginkan sesuai kebutuhan dari pengembang.

Adapun komponen yang pertama adalah

  • Analisis Kebutuhan

Analisis kebutuhan yaitu proses pengumpulan kebutuhan atau informasi lengkap mengenai software yang akan dikembangkan, seperti memahami duduk permasalahan, tingkah laku, unjuk kerja atau interface. Hasil analisis inilah yang akan menjadi acuan bagi sistem analis untuk menerjemahkan ke dalam bahasa program.

  • Desain Sistem

Pada desain sistem dilakukan penuangan ide dalam bentuk perancangan antar muka sistem yang akan dibangun terhadap solusi dari permasalahan yang telah dianalisis menggunakan beberapa pemodelan seperti diagram alir, struktur data dan bahasan data.

  • Penulisan kode program (koding)

Penulisan koding ialah proses penerjemahan disain dengan mengimplementasikan bahasa mesin atau bahasa pemrograman sesuai kebutuhan. Dilakukan oleh seorang programmer, yang akan melakukan terjemah sesuai apa yang diinginkan oleh user.

  • Pengujian program

Setelah tahap pengkodean selesai, maka tahap selanjutnya ialah pengujian program. Sistem yang telah dibuat akan diuji keefektifannya yang kemudian akan didapat kelebihan dan kekurangannya yang selanjutnya akan dikoreksi dan diperbaiki oleh programmer.

  • Implementasi dan pemeliharaan program

Setelah sistem lulus pengujian, maka sistem akan siap diterapkan sesuai kebutuhan yang pastinya selalu akan mengalami perubahan. Perubahan tersebut bisa karena mengalami kesalahan karena perangkat lunak harus menyesuaikan dengan lingkungan, atau karena pelanggan membutuhkan perkembangan fungsional.

Check Also

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu?

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu? Jawaban Berikut ini dua macam pembagian ekspresi menurut …

Leave a Reply

Your email address will not be published.