Mengapa akhirnya Indonesia melakukan perlawanan terhadap VOC

Mengapa akhirnya Indonesia melakukan perlawanan terhadap VOC

Jawaban

Indonesia melakukan perlawanan terhadap VOC disebabkan karena:

  • VOC memonopoli perdagangan rempah di Indonesia.
  • Terdapat campur tangan antara Kolonial dengan masalah internal kerajaan lokal.
  • Terdapat penurunan ekonomi bagi masyarakat Indonesia pada masa itu.

Pembahasan

Perlawanan Indonesia terhadap VOC merupakan sebuah perlawanan yang dimana melakukan pemberontakan dalam melawan kekuasaan kolonial yang semena – mena terhadap pemerintahan lokal.

Berikut ini terdapat beberapa macam perlawanan Indonesia terhadap VOC yang tercatat dalam sejarah, yakni sebagai berikut:

  • Pelawanan Rakyat Mataram

Sultan Agung yang mempunyai cita – cita untuk mempersatukan pulau Jawa, berusaha mengalahkan VOC di Batavia. Penyerangan yang dilakukan oleh Sultan Agung yakni pada tahun 1628 dan 1629 mengalami kegagalan, sebab selain persiapan pasukannya yang belum matang, dan tidak mampu dalam membuat blok perlawanan bersama kerajaan lainnya.

  • Perlawanan Rakyat Banten

Setelah Sultan Ageng Tirtayasa menjadikan putranya yang bergelar Sultan Haji sebagai Sultan Banten, Belanda pun ikut campur dalam urusan Banten dengan mendekati Sultan Haji.

  • Perlawanan Rakyat Makasar

Konflik antara Sultan Hasanuddin dari Makasar dan Arupalaka dari Bone turut memberi jalan untuk Belanda dalam menguasai kerajaan – kerajaan Sulawesi tersebut. Untuk dapat memperkuat kediamannya di Sulawesi, Sultan Hasanuddin menduduki Sumbawa, hingga jalur perdagangan Nusantara bagian timur bisa dikuasai.

  • Pemberontakan Untung Surapati (1686–1706)

Untung Surapati berteman dengan Sunan Amangkurat II dalam melawan VOC. Untuk meredam pemberontakan Untung Surapati, VOC mengutus Kapten Tack ke Mataram, tetapi gagal. Sunan Amangkurat II sangat berterima kasih kepada Untung Surapati karena telah memberikan daerah Pasuruan dan menetapkannya menjadi Bupati di sana dengan gelar Adipati Wiranegara.

Check Also

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu?

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu? Jawaban Berikut ini dua macam pembagian ekspresi menurut …

Leave a Reply

Your email address will not be published.