Menurut Steve Wheeler (2012) terdapat sembilan elemen literasi digital, yaitu?

Menurut Steve Wheeler (2012) terdapat sembilan elemen literasi digital, yaitu?

Jawaban

Literasi digital merupakan keahlian dalam memahami dan menggunakan informasi dari berbagai sumber yang dapat diakses melalui komputer. Menurut Steve Wheeler (2012), terdapat sembilan elemen literasi digital, antara lain :

  1. Social Networking
  2. Transliteracy
  3. Maintaining Privacy
  4. Managing Digital Identity
  5. Creating Content
  6. Organising and Sharing Content
  7. Reusing/repurposing Content
  8. Filtering and Selecting Content
  9. Self Broadcasting

Pembahasan

Literasi digital mempunyai berbagai manfaat yang penting bagi setiap individu, termasuk dalam beberapa keadaan literasi digital juga dapat mempengaruhi kinerja organisasi. Literasi digital merupakan keahlian dalam memahami dan menggunakan informasi dari berbagai sumber yang dapat diakses melalui komputer. Literasi digital bagi karyawan juga dianggap sangat bermanfaat bagi organisasi atau perusahaan, hal ini dikarenakan saat ini hampir semua pekerjaan bergantung pada beberapa aspek teknologi. Elemen penting literasi digital merupakan berbagai kemampuan yang harus dikuasai dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Menurut Steve Wheeler (2012), terdapat sembilan elemen literasi digital, antara lain :

  1. Social Networking : salah satu contoh social networking adalah munculnya situs jejaring sosial. Setiap individu yang terlibat dalam social networking akan selalu dihadapkan pada keberadaan layanan tersebut.
  2. Transliteracy : keahlian dalam memanfaatkan berbagai platform yang berbeda terutama untuk membuat konten, mengumpulkan, membagikan sampai mengkomunikasikan melalui beberapa media sosial, grup diskusi, smartphone dan beberapa layanan online yang tersedia.
  3. Maintaining Privacy : penjagaan privasi dalam dunia online.
  4. Managing Digital Identity : teknik atau cara menggunakan identitas yang sesuai di semua jaringan sosial dan platform lainya.
  5. Creating Content : suatu keahlian tentang cara membuat konten di semua aplikasi online dan platform, contohnya di PowToon, Prezi, blog, forum, dan wikis.
  6. Organising and Sharing Content : menata dan berbagi konten informasi sehingga lebih mudah tersebarkan.
  7. Reusing/repurposing Content : cara membuat konten dari beberapa  jenis informasi yang ada sampai menghasilkan konten baru serta dapat digunakan kembali untuk berbagai kebutuhan. Contohnya seorang dosen yang membuat konten mengenai bahan pembelajaran tertentu dengan lisensi creative common.
  8. Filtering and Selecting Content : kemampuan untuk menemukan, menyaring dan memilah informasi secara tepat sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan, contohnya menggunakan berbagai mesin pencari di internet.
  9. Self Broadcasting : kegiatan untuk membagikan ide yang menarik atau pendapat pribadi dan konten multimedia, contohnya menggunakan blog, forum atau wikis. Kegiatan tersebut merupakan bentuk partisipasi dalam masyarakat sosial online.

Check Also

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi yang menandai masa kejayaannya adalah

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi …