Bagaimana cara mengatasi seseorang yang kesulitan dalam memfokuskan atensinya?dan berikan contohnya?

Bagaimana cara mengatasi seseorang yang kesulitan dalam memfokuskan atensinya?dan berikan contohnya?

Jawaban

Cara mengatasi seseorang yang kesulitan dalam memfokuskan atensinya adalah dengan cara konsentrasi, dimana seseorang dapat memfokuskan atensi stimulus yang tidak mereka sukai jika stimulus itu penting bagi mereka. Contohnya seorang anal tidak suka matetmatika dan dapat memfokuskan atensi terhadap pelajaran matematika ketika ulangan akan diadakan.

Pembahasan

Konsentrasi merupakan salah satu aspek yang bekerja yang memang selalu dibutuhkan bila seseorang haru mengolah sejumlah informasi dengan cara sadar. Dengan demikian, hal ini banyak informasi digunakan dengan acak maupun pilihan informasi yang harus diolah pada suatu titik waktu tertentu. Dan atensi merupakan salah satu perubahan dari keadaan mengantuk menjadi waspada , menjadi fokus pada suatu objek dengan menurutnya fokus terhadap respon oleh keinginan dalam mencapai sesuatu. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi atensi, antara lain:

  1. Usia, yang merupakan semakin tua seseorang maka kemungkinan terjadinya penurunan anatomik bahkan fungsional organ meningkat. Dengan demikian, berat otak akan menurun sekitar 10% pada usia antara 30-70 tahun bahkan meningen akan menebal.
  2. Jenis kelamin, yang merupakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perempuan dengan laki-laki pada aspek orienting dan perempuan memiliki skor yang lebih tinggi dari pada laki-laki. Oleh karena itu, tidak ada perbedaan pada aspek alerting bahkan executive attention.
  3. Latihan, dimana orang yang terlatih memberi atensinya akan memiliki fungsi atensi yang lebih baik dari pada orang yang jarang memberi atensi, misalnya orang yang sering bermain video games memiliki atensi yang lebih baik dari pada orang yang jarang bermain video games.
  4. Minat, dimana seseorang akan lebih mudah menaruh atensi terhadap jenis stimulus yang lebih mereka sukai, misalnya beberapa orang hanya membaca buku yang mempunyai genre yang mereka sukai.
  5. Kebutuhan, dimana seseorang dapat memfokuskan atensi pada stimulus yang tidak mereka sukai jika stimulus itu penting bagi mereka, misalnya anak yang tidak suka matematika dapat memfokuskan atensi terhadap pelajaran matematika ketika ulangan akan diadakan.

Check Also

Sebutkan contoh hasil kegiatan perekonomian bidang pertanian!

Sebutkan contoh hasil kegiatan perekonomian bidang pertanian! Jawaban Salah satu bentuk usaha agraris yang paling …