Latar belakang yang mempersatukan bangsa-bangsa Asia dan Afrika untuk menyelenggarakan KAA 1955 adalah

Latar belakang yang mempersatukan bangsa-bangsa Asia dan Afrika untuk menyelenggarakan KAA 1955 adalah

Jawaban

Latar belakang konferensi ini adalah membahas nasib bersama negara-negara Asia dan Afrika pasca-Perang Dunia II. Selain itu, perjuangan kemerdekaan negara-negara terjajah terus meningkat setelah Perang Dunia II. Negara-negara berkembang yang melihat situasi ini didorong untuk mencari solusi untuk meredakan ketegangan dan mewujudkan perdamaian dunia.

Pembahasan

Konferensi Asia Afrika adalah Dewan Perdamaian Dunia yang diadakan di Gedun Meldeca Bandung pada bulan April 1955. Penyelenggara pertemuan diketuai pada sore hari. Diadakan oleh Ali Sastroamijoyo dan  Presiden Sukarno. Konferensi tersebut mengundang 30 negara dari kawasan Asia-Afrika, namun hanya  29 negara yang hadir karena Afrika Tengah (Rodesia) berhalangan hadir karena kondisi yang tidak stabil.

Berdasarkan Konferensi Colombo pada tanggal 28 April 1954, Indonesia mengusulkan gagasan konferensi negara-negara Asia dan Afrika. Peserta pertemuan  awalnya ragu-ragu, tetapi akhirnya setuju dengan gagasan itu.

Konferensi delapan hari mempromosikan kerja sama antara negara-negara Asia dan Afrika di bidang sosial, ekonomi dan budaya, mendukung perjuangan melawan imperialisme, menghormati hak asasi manusia, dan partisipasi aktif  menciptakan perdamaian dunia. Membuat beberapa keputusan yang sangat penting.

Check Also

Jelaskan cara penggambaran watak tokoh dalam cerita!

Jelaskan cara penggambaran watak tokoh dalam cerita! Jawaban Pengarang pastinya pengin ceritanya tersampaikan dengan baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published.