Sebagai Bank Sentral, Bank Indonesia mempunyai hubungan dengan pemerintah. Menurut Anda terkait dengan hubungan keuangan dengan pemerintah, bagaimana peran Bank Indonesia?

Sebagai Bank Sentral, Bank Indonesia mempunyai hubungan dengan pemerintah. Menurut Anda terkait dengan hubungan keuangan dengan pemerintah, bagaimana peran Bank Indonesia?

Jawaban

Peran Bank Indonesia:

  1. Bank Indonesia bertugas menjaga stabilitas mata uang, termasuk melalui produk suku bunga dalam operasi pasar terbuka. Bank Indonesia harus mampu menetapkan kebijakan moneter yang tepat dan berimbang.
  2. Bank Indonesia berperan penting dalam menghasilkan kinerja lembaga keuangan yang solid, khususnya dalam bisnis perbankan. Penciptaan layanan tersebut oleh bank dilakukan melalui mekanisme pengawasan dan pengaturan.
  3. Bank Indonesia berwenang mengatur dan memelihara kelancaran sistem pembayaran. Jika salah satu peserta  sistem pembayaran gelisah, terdapat potensi risiko  yang sangat serius yang dapat mengganggu kelancaran sistem pembayaran.
  4. Bank Indonesia memiliki akses terhadap informasi yang dapat mengancam stabilitas keuangan melalui kemampuan penelitian dan pengawasan. Melalui pemantauan makroprudensial, Bank Indonesia dapat memantau kerentanan sektor keuangan dan mengidentifikasi potensi guncangan yang mempengaruhi stabilitas sistem keuangan.
  5. Bank Indonesia berperan sebagai jaring pengaman sistem keuangan melalui fungsinya sebagai lender of  last resort (LoLR) bank sentral. Fungsi LoLR merupakan peran tradisional Bank Indonesia sebagai bank sentral dalam manajemen krisis untuk menghindari  ketidakstabilan sistem keuangan. Fungsinya sebagai LoLR termasuk menyediakan likuiditas dalam situasi normal dan krisis.

Pembahasan

Sebagai otoritas di bidang mata uang, perbankan, dan sistem pembayaran, tugas utama Bank Indonesia tidak hanya menjaga stabilitas mata uang, tetapi juga menjaga stabilitas sistem keuangan (perbankan dan sistem pembayaran). Sekalipun Bank Indonesia berhasil menjaga stabilitas mata uang tanpa mengikuti stabilitas sistem keuangan, hal itu tidak akan terlalu efektif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Stabilitas keuangan dan stabilitas keuangan sedemikian rupa sehingga bagian depan dan belakang mata uang yang sama tidak dapat dipisahkan. Kebijakan moneter memiliki dampak yang besar terhadap stabilitas keuangan, dan sebaliknya, stabilitas keuangan merupakan pilar yang mendasari efektivitas kebijakan moneter. Sistem keuangan merupakan salah satu jalur transmisi kebijakan moneter, dan ketika sistem keuangan tidak stabil, transmisi kebijakan moneter tidak  berjalan secara normal. Ketidakstabilan keuangan, di sisi lain, berdampak mendasar pada stabilitas sistem keuangan karena tidak berfungsinya sistem keuangan secara efisien. Dengan latar belakang tersebut, stabilitas sistem keuangan tetap menjadi misi dan tanggung jawab Bank Indonesia.

Check Also

Usaha pemanfaatan lahan dengan tanaman-tanaman keras disebut?

Usaha pemanfaatan lahan dengan tanaman-tanaman keras disebut? Jawaban Usaha agraris adalah jenis usaha yang sangat …