Kepaduan dapat dibentuk dalam unsur-unsur berikut, kecuali​ !

Kepaduan dapat dibentuk dalam unsur-unsur berikut, kecuali​ !

Jawaban

Kepaduan bisa dibentuk dalam sejumlah unsur, antara lain:

  1. Repetisi atau pengulangan kata kunci.
  2. Pemakaian kata ganti.
  3. Pemakaian kata transisi.
  4. Urutan isi paragraf.

Pembahasan

Soal di atas menghendaki pengecualian namun tidak dilengkapi dengan pilihan jawaban. Oleh sebab itu, silahkan cermati pilihan jawabannya dan pilih opsi yang tidak memuat unsur-unsur yang disebutkan di atas.

Berikut ini adalah syarat sebuah paragraf dikatakan baik:

  1. Memiliki kesatuan. Artinya semua kalimat yang ada pada sebuah paragraf baik itu kalimat utama maupun penjelas haruslah mendukung satu pikiran utama. Bisa pula dinyatakan bahwa suatu paragraf haruslah memiliki satu gagasan utama yang sifatnya mampu menjiwai keseluruhan isi paragraf.
  2. Kepaduan atau koherensif. Artinya bahwa kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf harus kompak, padu dan relevan (saling berkaitan dan mendukung).
  3. Kelengkapan. Artinya bahwa paragraf yang baik haruslah mengandung ketuntasan dalam pembahasan yang dilakukan dengan menghadirkan kalimat penjelas yang menjabarkan gagasan utama yang ada dalam kalimat utama.

Paragraf sebagai salah satu satuan gramatikal tersusun atas sejumlah kalimat. Kalimat sendiri tersusun atas sejumlah kata, frasa atau klausa. Adapun kata tersusun atas sejumlah huruf. Semua unsur gramatikal dalam paragraf harus saling mendukung sehingga apa yang dinyatakan atau diinformasikan bisa tersampaikan dengan jelas.

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …