Jelaskan pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia

Jelaskan pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia

Jawaban

Islam membawa banyak pengaruh pada kehidupan masyarakat nusantara (Indonesia) dalam berbagai aspek yakni politik, kehidupan sosial, agama, budaya, seni arsitektur dan masih banyak lagi lainnya. Islam masuk saat kerajaan bercorak Hindu Buddha sedang berjalan menuju kehancurannya. Faktor ini menjadikan Islam berkembang pesat dan menggeser dominasi Hindu Buddha di Indonesia.

Pembahasan

Berikut ini rincian pengaruh Islam terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia:

  1. Kehidupan politik. Islam mengubah konsep kerajaan menjadi kesultanan di mana nilai Islam menjadi dasar paling utama dalam menjalankan kekuasaan politis.
  2. Kehidupan sosial. Islam menghapuskan sistem kasta yang sebelumnya diyakini masyarakat sebagai bagian dari kebudayaan Hindu. Masyarakat menyambut baik hal ini dan menjadi salah satu daya tarik utama Islam. Meski begitu, masyarakat beradaptasi secara perlahan dengan menempatkan para kyai pada struktur sosial yang lebih tinggi dari masyarakat biasa. Dasar penempatan tersebut tentunya adalah ilmu agama dan bukan keturunan.
  3. Bidang agama dan keyakinan. Pada mulanya keyakinan yang mendominasi adalah Hindu Buddha yang mengalami akulturasi dengan kepercayaan lokal berupa animisme dan dinamisme. Setelah Islam masuk, keyakinan yang mendominasi adalah Islam.
  4. Seni arsitektur. Pengaruh ini nyata terlihat pada atap rumah masyarakat, tempat ibadah, gapura, makam, menara, ukiran (kaligrafi) dan lain sebagainya.

Check Also

Sebutkan contoh hasil kegiatan perekonomian bidang pertanian!

Sebutkan contoh hasil kegiatan perekonomian bidang pertanian! Jawaban Salah satu bentuk usaha agraris yang paling …