Bagaimana cara bertawasul

Bagaimana cara bertawasul

Jawaban

Cara betawasul ada beragam namun pada intinya adalah melakukan amalan shaleh dalam rangka lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Amalan shaleh ini bisa dengan membaca wirid, ayat Al-Quran tertentu seperti Al-Fatihah, membaca shalawat hingga doa-doa tertentu yang diajarkan alim ulama agar hajat hidup atau keinginan diri bisa terwujud.

Pembahasan

Pengertian tawasul bisa kita jumpai langsung dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yakni:

  1. Mengerjakan amalan tertentu dalam rangka mendekatkan diri hamba pada Allah SWT.
  2. Memohon atau memanjatkan doa pada Allah SWT dengan menggunakan perantara orang-orang yang dipandang suci dan punya kedekatan lebih pada Allah SWT.

Secara singkat, tawasul ini dimaknai sebagai upaya (disebut wasilah) yang dilakukan seseorang dengan tujuan agar doanya dikabulkan Allah. Bertawasul memiliki landasan hukum tersendiri, yakni:

  1. Surah Al-Maidah. Dalam ayat 35 difirmankan agar manusia mencari jalan yang bisa mendekatkan dirinya pada Allah SWT.
  2. Surah Al-A’raf. Dalam ayat 180, Allah SWT berfirman agar manusia memohon pada-Nya dengan cara menyebutkan nama-nama indah lagi baik milik-Nya (Asmaul Husna). Selain itu, manusia juga dihimbau agar meninggalkan orang yang menyalahi kebenaran.

Upaya-upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan bertawasul adalah bagian dari ikhtiar manusia memaksimalkan doa dan harapannya.

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …