Batang jahe Balikpapan berwarna​?

Batang jahe Balikpapan berwarna​?

Jawaban

Batang jahe Balikpapan memiliki warna hijau tua kecoklatan. Batang dalam hal ini merujuk pada bagian dari tanaman jahe Balikpapan yang bernama latin Etlingera Balikpapanensis.

Pembahasan

Jahe Balikpapan sering juga disebut sebagai Jahe Raksasa. Tanaman ini disebutkan sebagai spesies tanaman jahe-jahean (Zengiberaceae) yang ukuran tubuhnya paling besar. Sosok yang memberi nama jahe raksasa ini dengan sebutan latin Etlingera Balikpapanensis adalah Axel Dalberg Poulsen yang merukana ahli botani berasal dari Denmark. Ia adalah ahli yang paling pertama meneliti keberadaan jahe Balikpapan.

Jahe Balikpapan atau jahe raksasa bukan hal asing bagi masyarakat Indonesia utamanya mereka yang tinggal di Kalimantan. Jahe jenis ini sudah sejak dahulu kala diyakini sebagai tanaman ajaib dengan segudang khasiat. Keyakinan masyarakat ini menjadikan jahe Balikpapan lebih sering difungsikan sebagai tanaman obat ketimbang tanaman bumbu masak.

Jahe Balikpapan berkerabat dekat juga dengan tanaman kecombrang karena sama-sama masuk ke dalam genus Etlingera. Pada tahun 2022, tepatnya pada hari jadi Kota Balikpapan, tanaman ini resmi ditetapkan sebagai flora khas dari Kota Balikpapan. Kebanggaan masyarakat Balikpapan pada Etlingera Balikpapanensis bukan tanpa alasan karena tanaman ini berdasarkan penelitian memang memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga kaya khasiat.

Check Also

Adakah pembamgkit listrik tenaga air di daerahmu

Adakah pembamgkit listrik tenaga air di daerahmu Di daerah saya ada satu pembangkit listrik tenaga …