Jelaskan latar belakang berdirinya kerajaan Demak

Jelaskan latar belakang berdirinya kerajaan Demak

Jawaban

Latar belakang berdirinya Kerajaan Demak tidak bisa dilepaskan dari keruntuhan Kerajaan Majapahit di tahun 1478. Demak sendiri pada mulanya merupakan wilayah Kadipaten Majapahit dan dipimpin oleh Raden Patah yang berkedudukan sebagai adipati. Saat Majapahit tengah mengalami kekacauan karena perebutan kekuasaan, para adipati pun banyak yang melepaskan diri dari kekuasaan Majapahit termasuk Demak. Selanjutnya di tahun 1500 Masehi, Demak berdiri sebagai kerajaan terpisah bercorak Islam dan dikenal sebagai Kesultanan Demak.

Pembahasan

Kesultanan Demak dicatat sejarah sebagai kerajaan Islam paling pertama di tanah Jawa. Kerajaan yang disebut-sebut sebagai penerus Kerajaan Majapahit ini berdiri di wilayah Demak Jawa Tengah. Pendiri Kesultanan Demak adalah Raden Patah atau Panembahan Jimbun. Ia sesungguhnya adalah anak dari raja Kerajaan Majapahit yang paling akhir dari ibu yang merupakan putri kerajaan di negeri China/Tiongkok.

Kesultanan Demak memiliki peran penting dalam mengakhiri kekuasaan Majapahit dan menyebarkan Islam hingga mendominasi di wilayah Jawa. Masa keemasan Kesultanan Demak diraih saat berada pada kekuasaan sultan ketiga yakni Trenggana. Pada masa ini, ia berhasil menaklukkan pelabuhan Sunda Kelapa yang sebelumnya menjadi wilayah kekuasaan dari Kerajaan Sunda. Sayangnya masa keemasan Demak ini harus terkubur bersama dengan wafatnya Sultan Trenggana.

Check Also

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama! Jawaban Menurut pendapat …