Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu?

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu?

Jawaban

Berikut ini dua macam pembagian ekspresi menurut Goffman:

  1. EKSPRESI YANG DIBERIKAN.
  2. EKSPRESI YANG DILEPASKAN.

Lebih lanjut, Goffman berpendapat bahwa ekspresi (baik yang diberikan maupun yang dilepaskan) memiliki tujuan yang sama yakni untuk membuat seseorang atau pihak lain terkesan dengan diri si pemilik ekspresi.

Pembahasan

Berikut ini perbedaan antara ekspresi yang diberikan dan yang dilepaskan menurut Erving Goffman:

  1. Ekspresi yang diberikan, adalah jenis ekspresi yang bertujuan memberikan kesan ataupun informasi yang bersesuaian dengan aturan-aturan yang berlaku. Bisa pula dinyatakan bahwa ekspresi yang diberikan ini merupakan pernyataan yang dapat dilakukan.
  2. Ekspresi yang dilepaskan, adalah jenis ekspresi yang di dalamnya mengandung informasi yang bisa terbaca oleh orang lain memiliki ciri khas atau tertentu yang melekat pada si pembuat ekspresi.

Agar mudah membedakan kedua ekspresi di atas, cermati situasi di mana seseorang diberikan pertolongan yang seharusnya dan idealnya mengucapkan terima kasih pada penolongnya. Ucapan terima kasih ini tak jarang disertai dengan mimik wajah tertentu seperti masam, cemberut atau ramah. Ungkapan yang menyatakan rasa terima kasih adalah contoh dari ekspresi yang diberikan (sesuai dengan aturan berlaku atau umum dilakukan). Adapun ekspresi berupa wajah masam, cemberut atau ramah bisa dikategorikan sebagai ekspresi yang dilepaskan sebab menjadi bagian dari ciri (kepribadian) orang yang ditolong tadi.

Check Also

Jelaskan latar belakang berdirinya kerajaan Demak

Jelaskan latar belakang berdirinya kerajaan Demak Jawaban Latar belakang berdirinya Kerajaan Demak tidak bisa dilepaskan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.