Cara memperkuat ideologi Pancasila sebagai usaha untuk memperkuat wawasan ideologi Indonesia terkait dengan pembinaan ketahanan nasional?

Cara memperkuat ideologi Pancasila sebagai usaha untuk memperkuat wawasan ideologi Indonesia terkait dengan pembinaan ketahanan nasional?

Jawaban

Cara memperkuat ideologi Pancasila sebagai bagian dari upaya memperkuat wawasan ideologi Indonesia sehubungan dengan pembinaan ketahanan nasional adalah:

  1. Dengan mengajarkannya sejak dini di lingkup sekolah yang kemudian dilanjutkan secara simultan di lingkup perkuliahan (lewat mata kuliah umum).
  2. Selain lewat pendidikan, pemerintah juga bisa menempuh cara seperti pendekatan budaya dan penegakan hukum atas apa-apa yang tak sejalan dengan nilai luhur yang ada dalam Pancasila.

Pembahasan

Ketahanan nasional diartikan sebagai kondisi ideal negara di mana ia memiliki kekuatan penuh dalam menghadapi segala macam ancaman, hambatan, gangguan, halangan dan semacamnya baik internal maupun eksternal yang bisa mengganggu kedaulatan bangsa. Ancaman, hambatan, gangguan ini wujudnya bisa fisik maupun ideologis. Pada soal di atas, ancaman, gangguan dan hambatan yang dimaksud lebih ke ancaman ideologis yang semakin kuat mengarah ke bangsa kita seiring dengan globalisasi yang didukung penuh oleh kemajuan teknologi. Jika bangsa ini lengah, ideologi asing bisa menyusup masuk dan melemahkan ketahanan bangsa.

Oleh sebab itu, diperlukan kesadaran bersama untuk tetap menegakkan ideologi Pancasila di semua lini kehidupan lewat beragam cara seperti pendidikan, budaya dan juga hukum. Diharapkan dengan cara ini, Indonesia tetap bisa menjaga jati dirinya dalam mengaruhi pergaulan di era globalisasi.

Check Also

Jelaskan latar belakang berdirinya kerajaan Demak

Jelaskan latar belakang berdirinya kerajaan Demak Jawaban Latar belakang berdirinya Kerajaan Demak tidak bisa dilepaskan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.