Jeremy Bentham adalah salah satu tokoh penganut teori Utilitas. Tujuan hukum menurut teori tersebut yaitu

Jeremy Bentham adalah salah satu tokoh penganut teori Utilitas. Tujuan hukum menurut
teori tersebut yaitu

Jawaban

Jeremy Bentham merupakan salah satu tokoh yang mendukung Teori Utilitas. Tujuan hukum berdasarkan Teori Utilitas adalah untuk memberi manfaat atau demi kemanfaatan.

Pembahasan

Teori Utilitas adalah salah satu dari sekian banyak teori yang dinyatakan para ahli dalam menjabarkan tujuan norma hukum. Berdasarkan teori ini, tujuan utama hukum adalah demi kemanfaatan. Dengan demikian, hukum baru dipandang berguna apabila ia bermanfaat bagi kehidupan manusia. Pengusung teori ini, selain Jeremy Bentham, adalah Rudolf Von Jhering serta Stuart Mill. Ukuran hukum telah memberi manfaat menurut para ahli ini adalah terwujudnya kebahagiaan masyarakat yang sebesar-besarnya dan sebanyak-banyaknya. Kemanfaatan dalam konteks ini dimaknai sebagai dengan happiness atau kebahagiaan. Secara spesifik, Jeremi Bentham memberikan batasan apa itu hakikat kebahagiaan, yakni kenikmatan dalam hidup yang sifatnya bebas dari jenis kesengsaraan apapun.

Betham juga berpendapat bahwa prinsip dasar pemenuhan tujuan hukum adalah memberi jaminan rasa bahagia bagi individu sebagai bagian dari masyarakat baru kemudian mewujudkan bahagia tersebut bagi sebanyak-banyaknya orang. Dengan demikian maka prinsip ini sendiri diterapkan kuantitatif karena dalam pandangan Bentham kualitas kesenangan akan selalu sama sehingga patokan utama adalah banyaknya jumlah orang yang berbahagia.

Check Also

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama! Jawaban Menurut pendapat …