Jumlah “Tanda Kecakapan Khusus (TKK)” wajib pada pramuka siaga adalah

Jumlah “Tanda Kecakapan Khusus (TKK)” wajib pada pramuka siaga adalah

Jawaban

Jumlah TKK atau Tanda Kecakapan Khusus yang wajib dimiliki mereka para Pramuka Siaga adalah sepuluh. TKK ini beragam, mulai dari kecakapan menjahit, gerak jalan, P3K hingga menabung.

Pembahasan

Berikut ini rincian lengkap kesepuluh TKK yang wajib dimiliki Pramuka Siaga:

  1. SKK P3K atau Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan.
  2. SKK Penjahit.
  3. SKK Juru Kebun.
  4. SKK Juru Masak.
  5. SKK Berkemah.
  6. SKK Gerak Jalan.
  7. SKK Pengamanan Kampung.
  8. SKK Pengamat.
  9. SKK Penabung.
  10. SKK Pengatur Rumah.

TKK atau Tanda Kecakapan Khusus merupakan suatu tanda yang khusus diberi pada mereka anggota Pramuka yang memiliki kemampuan dalam bidang tertentu. TKK ini bisa disebut sebagai bentuk nyata apresiasi atau penghargaan atas kecakapan khusus yang dimiliki tersebut. TKK sendiri jumlahnya bisa sampai ribuan. Meski begitu, ada kelompok TKK tersendiri yang bersifat wajib bagi anggota Pramuka dengan kedudukan tertentu. Agar anggota Pramuka bisa medapatkan TKK tersebut maka ia wajib menyelesaikan Syarat Kecakapan Khusus yang menyertai bidang kecakapan yang diinginkan atau diwajibkan.

TKK sendiri bermacam-macam wujudnya dan biasanya disesuaikan dengan bidang kecakapan. Sebagai contoh, kecakapan menjahit memiliki TKK berupa mesin jahit. Pemasangan TKK ini dilakukan pada baju seragam anggota Pramuka, tepatnya pada lengan bagian kanan dengan dua opsi yakni melintang di bawah lambang Kwartir atau melingkarinya.

Check Also

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur!

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur! Jawaban Karya miniatur adalah salah satu jenis dari …