Arti dari Plegmatis​

Arti dari Plegmatis​

Jawaban

Plegmatis adalah kata yang menunjuk salah satu dari empat karakter atau kepribadian manusia menurut pendapat Hippocrates. Plegmatis digunakan untuk kepribadian manusia yang senang dengan kedamaian sehingga sangat menghindari konfrontasi dan konflik.  

Pembahasan

Jika berpedoman pada pendapat Hippocrates, terdapat 4 jenis kepribadian manusia, antara lain:

  1. SANGUINIS, kepribadian ini ditandai dengan sikap yang hangat dan bersahabat, antusias, responsive, ramah, penuh belas kasihan dan cenderung banyak bicara. Kekurangan sanguinis adalah emosi labil, egosentris, tak disiplin, tak produktif dan cenderung senang membesar-besarkan masalah yang ada.
  2. KOLERIS, kepribadian ini ditandai dengan kemauan yang keras, punya visi jelas, mandiri dan independen, tegas, produktif, cocok jadi pemimpin. Adapun kekurangan mereka yang koleris adalah cepat puas pada diri, cenderung dingin dan pemarah, banyak yang kejam, ceroboh, susah memaafkan orang laon, sarkastik, dominan.
  3. MELANKOLIS, karakter mereka yang melankolis antara lain berbakat, punya ketekunan dan disiplin diri yang baik, cenderung perfeksionis, analitik, mau berkorban. Adapun kekurangan mereka yang melankolis adalah pemurung, suka berpikir negatif, teoritis dan perasa, cenderung fokus pada diri sendiri, kurang bersosialisasi.
  4. PLEGMATIS, karakter ini ditandai dengan sikap yang kalem dan tenang, cinta damai, selalu mencari titik harmonis, bisa diandalkan, humoris dan praktis, teratur dan efisien, objektif dan diplomatis. Adapun kekurangan mereka yang plegmatis adalah egois dan cenderung kikir, kurang motivasi, penakut, tak tegas, gemar menunda-nunda, suka mencari titik aman sendiri dan lain-lain.

Check Also

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV!

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV! Jawaban Persekutan komanditer atau CV adalah salah satu bentuk dari …