Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Jawaban

Menurut pendapat sejumlah ulama, diantaranya Ibnu Katsir, Az Zujaaj, dan Ibnu Hazm bahwa ber-amar ma`ruf nahi munkar hukumnya adalah fardhu `ain, yakni wajib atas setiap orang untuk senantiasa melakukan hal yang baik dan mencegah daripada kemungkaran. Hal ini berdasarkan pada salah satu ayat Al-Quran yang menjelaskan mengenai perintah amar ma`ruf nahi munkar, yakni terdapat didalam Al-Quran Surah Ali Imran ayat 104.

Pembahasan

Amar ma`ruf nahi munkar dalam istilah fiqh disebut juga dengan Al Hisbah. Adapun menurut bahasa, Amar ma`ruf nahi munkar merupakan bahasa Arab yang bermakna mengerjakan yang baik, dan mencegah daripada kemungkaran. Hal ini merupakan bentuk perintah yang ditujukan kepada seluruh umat islam untuk mengajak atau menganjurkan perilaku kebaikan dan mencegah perilaku buruk. Bagi umat Islam, amar ma`ruf nahi munkar merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan dalam menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan agar mendapat ridho Allah SWT.

Allah SWT telah banyak menyebutkan perintah tentang Amar ma`ruf nahi munkar ini didalam ayat Al-Quran. Salah satunya yakni terdapat didalam Al-Quran Surah Ali Imran ayat 104, sebagai berikut:

وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ  Artinya “Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

Pada ayat tersebut telah dijelaskan bahwa umat manusia diperintahkan untuk senantiasa menyeru kepada kebajikan dan mencegah daripada kemungkaran, dan barangsiapa yang melaksanakannya maka tergolong kepada manusia yang beruntung.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …