Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Jawaban

Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak mulia, sehingga pelajar Indonesia yang berakhlak mulia merupakan pelajar yang berakhlak dalam hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mandiri, bergotong royong, kebhinekaan global, bernalar kritis dan kreatif.

Pembahasan

Pancasila yang berasal dari bahasa Sansekerta dari dua kata yakni Panca merupakan lima dan sila artinya dasar yang sebagai aturan yang melatarbelakangi perilaku seseorang maupun bangsa, kelakuan atau perbuatan yang menurut adab, akhlak dan moral. Berikut fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, antara lain:

  1. Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia, yang merupakan salah satu bentuk peran yang menunjukkan adanya kepribadian bangsa Indonesia yang dapat dibedakan dengan bangsa lain adalah sikap mental, tingkah laku bahkan amal perbuatan bangsa Indonesia.
  2. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, merupakan suatu kristalisasi pengalaman hidup dalam sejarah bangsa Indonesia yang telah membentuk sikap, watak, perilaku, tata nilai norma bahkan etika yang telah melahirkan pandangan hidup.
  3. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, merupakan untuk mengatur tatanan kehidupan bangsa Indonesia bahkan negara Indonesia yang mengatur semua pelaksanaan sistem ketatanegaraan Indonesia sesuai Pancasila.

Check Also

Pada tanggal 28 oktober 1928 peserta kongres pemuda mengucapkan ikrar

Pada tanggal 28 oktober 1928 peserta kongres pemuda mengucapkan ikrar Jawaban Kongres pemuda yang dilaksanakan pada …