Perbedaan antara ilmu pemerintahan dan ilmu manajemen pemerintahan dari segi hakikat

Perbedaan antara ilmu pemerintahan dan ilmu manajemen pemerintahan dari segi hakikat

Jawaban

Ilmu pemerintahan merupakan suatu hal yang berfokus pada menganalisis dampak tokoh bahkan peristiwa politik pada hasil sosial, sedangkan ilmu manajemen pemerintahan merupakan salah satu implementasi yang menerapkan tata kelola pada proses yang bertanggung jawab dalam menghasilkan hasil tersebut.

Pembahasan

Ilmu pemerintahan merupakan salah satu cabang ilmu dari kajian ilmu politik. Dengan demikian, dalam arti sempit pemerintahan merupakan suatu kegiatan pemerintah yang hanya menyangkut bidang eksekutif. Dan dalam arti luas, pemerintahan merupakan seluruh kegiatan pemerintah, baik menyangkut bidang legislatif, eksekutif, bahkan yudikatif dengan tujuan untuk mewujudkan negara. Ada beberapa cara pelaksanaan dalam peran pemerintahan, yaitu:

  1. Fungsi pengaturan atau produknya berupa berbagai peraturan yang terbagi atas penentuan kebijakan, pemberian pengarahan bahkan bimbingan pengaturan melalui perijinan serta pengawasan.
  2. Dengan pemilikan sendiri dari usaha-usaha ekonomi bahkan sosial yang penyelenggaraannya dapat dilakukan sendiri bahkan oleh swasta.

Ada beberapa syarat-syarat dibentuknya suatu daerah, yaitu:

  1. Dengan mampu membiayai kehidupannya atau kemampuan ekonomi.
  2. Dengan jumlah penduduk yang ditentukan  dan luas daerah.
  3. Dengan memperhatikan pertahanan bahkan keamanan nasional.
  4. Melakukan pembinaan kestabilan politik bahkan kesatuan bangsa dan dapat melaksanakan pembangunan untuk daerahnya.

Check Also

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi yang menandai masa kejayaannya adalah

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi …