Apa yang dimaksud manusia yang bersusila dan beragama?

Apa yang dimaksud manusia yang bersusila dan beragama?

Jawaban

Manusia disebut sebagai manusia bersusila adalah manusia yang menjalani kehidupan atau melakukan aktivitas sesuai dengan nilai-nilai budi pekerti, sedangkan manusia yang beragama adalah manusia yang bertingkah laku serta menjalani kehidupan sehari-hari dengan menerapkan nilai-nilai agama dalam kesehariannya.

Pembahasan

Susila menyangkut dengan adab, sopan santun, dan budi pekerti. Hal ini merupakan perilaku dasar yang wajib dimiliki manusia sebagai makhluk yang hidup dan berinteraksi dengan manusia lainnya. Dengan menerapkan nilai-nilai susila dalam kehidupan sehari-hari, maka seseorang bisa menjalani kehidupan dengan baik dengan nilai-nilai susila yang tertanam di dalam dirinya sehingga hubungan dengan diri sendiri maupun dengan orang lain dapat terjalin dengan baik.

Adapun manusia juga dikatakan sebagai makhluk yang beragama. Dalam hal ini menerapkan nilai-nilai agama dalam aktivitas dan perilaku sehari-hari. Agama merupakan tuntunan seseorang dalam menjalani hidup agar hidupnya dapat tertata, tenteram, sejahtera, dan bahagia. Dengan manusia berperilaku berpedoman kepada agama, diharapkan kehidupan seorang manusia dapat menjadi lebih teratur, makmur, damai, serta dapat merasakan kebahagiaan dalam kehidupannya.

Check Also

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari Jawaban Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah Beriman, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.