Jelaskan latar belakang Ir. Soekarno pernah menyampaikan kalau Pancasila dapat dijadikan sebagai Ideologi global tidak hanya nasional!

Jelaskan latar belakang Ir. Soekarno pernah menyampaikan kalau Pancasila dapat dijadikan sebagai Ideologi global tidak hanya nasional!

Jawaban

Adapun latar belakang yang membuat Ir. Soekarno mengatakan bahwa pancasila dapat dijadikan ideologi global karena pancasila mengandung nilai-nilai yang relevan dengan kehidupan masyarakat sehari-hari. Nilai-nilai pancasila apabila diterapkan dan diintegrasikan ke dalam semua bidang termasuk politik dapat berperan dalam perdamaian dunia, karena pancasila mengandung nilai-nilai yang menjadi penyeimbang antara sosialisme dan kapitalisme.

Pembahasan

Pancasila merupakan ideologi negara indonesia. Pancasila sebagai ideologi dijadikan pedoman hidup bangsa indonesia dalam menjalankan segala aktivitas dalam kehidupan. Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dapat membawa integritas dan memperkuat persatuan pada negara indonesia yang majemuk. Ir. Soekarno dalam pidatonya pada sidang BPUPKI tanggal 1 Juni, mengatakan bahwa pancasila tidak hanya bisa dijadikan ideologi bangsa indonesia, namun pancasila juga dapat menjadi ideologi global yang dapat berperan dalam perdamaian dunia.

 

Check Also

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama! Jawaban Menurut pendapat …