Lagu Gambang Suling menggunakan tangga nada jenis?

Lagu Gambang Suling menggunakan tangga nada jenis?

Jawaban

Setiap lagu akan menggunakan tangga nada yang disesuaikan dengan tema dan makna yang ada pada lagu tersebut. Jenis dari tangga nada yang digunakan pada lagu Gambang Suling adalah tangga nada pentatonis laras pelog.

Pembahasan

Tangga nada adalah unsur utama dalam seni musik yang merupakan nada yang disusun menggunakan jarak tertentu. Setiap tangga nada ini akan menciptakan kesan yang berbeda-beda pada lagu sehingga tangga nada ini harus bisa kita sesuaikan dengan tema dan makna yang ada pada lagu tersebut. Tangga nada ini bisa kita bedakan berdasarkan jumlah dari nada yang ada pada suatu tangga nada. Salah satu jenis dari tangga nada adalah tangga nada pentatonis laras pelog yang memiliki 5 buah nada. Tangga nada pelog ini terdiri dari nada C – E – F – G – B dan bisa menciptakan kesan yang khidmat pada lagu. Tangga nada pelog ini memang merupakan tangga nada yang cocok untuk digunakan pada lagu Gambang Suling yang tenang dan khidmat.

Check Also

Kongres pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan?

Kongres pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan? Jawaban Kongres Pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan Perhimpunan Pelajar-Pelajar …