Susunan nada apabila dibunyikan secara serentak akan terdengar harmonis disebut

Susunan nada apabila dibunyikan secara serentak akan terdengar harmonis disebut

Jawaban

Harmonisasi nada yang ada pada seni musik bisa meningkatkan nilai keindahan dari suatu karya seni musik dan juga membuat nada menjadi tidak monoton. Sebutan untuk suatu susunan nada yang terdengar harmonis apabila dibunyikan secara bersamaan atau serentak adalah akor.

Pembahasan

Soal di atas sepertinya tidak lengkap karena seharusnya disertai juga dengan pilihan jawabannya. Berikut adalah soal yang lengkap:

Harmonisasi nada yang ada pada seni musik bisa meningkatkan nilai keindahan dari suatu karya seni musik dan juga membuat nada menjadi tidak monoton. Sebutan untuk suatu susunan nada yang terdengar harmonis apabila dibunyikan secara bersamaan atau serentak adalah

A. Irama

B. Akor

C. Nada

D. Melodi

Maka dari itu, jawaban yang tepat adalah pilihan (B). Pilihan (B) benar karena akor adalah rangkaian nada dalam suatu tangga nada yang dibunyikan secara bersamaan dan menciptakan harmonisasi nada. Untuk menciptakan suatu akor, kita setidaknya harus menggunakan 3 buah nada yang ada pada tangga nada. Sebagai contoh, ketika kita ingin membuat akor dari tangga nada C mayor, maka nada yang kita gunakan adalah C – E – G.

Check Also

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV!

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV! Jawaban Persekutan komanditer atau CV adalah salah satu bentuk dari …