Bagaimana sifat tangga nada pentatonis Laras Pelog?

Bagaimana sifat tangga nada pentatonis Laras Pelog?

Jawaban

Tangga nada pentatonis adalah salah satu jenis tangga nada yang ada pada seni musik dan juga merupakan tangga nada yang digunakan pada gamelan Jawa. Tangga nada pentatonis laras pelog akan menghasilkan lagu dengan sifat yang tenang dan khidmat.

Pembahasan

Tangga nada adalah rangkaian nada yang disusun menggunakan jarak tertentu. Salah satu jenis dari tangga nada adalah tangga nada pentatonis. Tangga nada pentatonis adalah jenis tangga nada yang tersusun dari 5 buah nada dan juga merupakan jenis tangga nada yang sangat umum digunakan pada musik modern. Gamelan Jawa juga menggunakan tangga nada pentatonis, yaitu pelog dan slendro. Kedua jenis tangga nada ini akan menghasilkan kesan pada lagu yang berbeda-beda sehingga kita harus bisa menyesuaikan tangga nada dengan tema yang ada pada lagu. Pada tangga nada pelog, nada yang digunakan adalah C – E – F – G – B. Tangga nada pelog ini akan menciptakan lagu dengan kesan yang tenang, khidmat, dan serius. Hal ini berbeda dengan tangga nada slendro yang akan menghasilkan sifat yang riang gembira.

Check Also

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV!

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV! Jawaban Persekutan komanditer atau CV adalah salah satu bentuk dari …