Nama-nama Walisongo dan nama aslinya serta daerah penyebarannya ajarannya

Nama-nama Walisongo dan nama aslinya serta daerah penyebarannya ajarannya

Jawaban

Berikut ini nama-nama Walisongo beserta daerah penyebaran ajarannya atau wilayah dakwahnya:

  1. Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim. Daerah dakwahnya yaitu di Gresik.
  2. Sunan Ampel dengan nama asli Raden Rahmat. Wilayah dakwahnya berada di daerah Surabaya.
  3. Sunan Kudus bernama asli Ja’far Shadiq. Daerah penyebaran dakwahnya berada di Kudus, Jawa Tengah.
  4. Sunan Giri bernama asli Muhammad Ainul Yakin. Daerah dakwahnya mencapai wilayah Banjar, Martapura, Pasir, Kutai, hingga Nusa Tenggara dan Maluku.
  5. Sunan Gunung Jati mempunyai nama asli Syarif Hidayatullah. Wilayah dakwahnya berada di daerah Cirebon, Banten, dan juga Demak.
  6. Sunan Kalijaga atau Raden Said. Wilayah penyebarannya adalah di Cirebon.
  7. Sunan Muria yang bernama asli Raden Umar Said atau Raden Said.
  8. Sunan Bonang nama asli Raden Maulana Makdum Ibrahim. Daerah penyebaran ajarannya adalah daerah Kediri.
  9. Sunan Drajat memiliki nama asli Raden Qasim atau Syarifuddin. Wilayah dakwahnya berada di Paciran, Lamongan.

Pembahasan

Walisongo dikenal sebagai penyebar permanen ajaran Islam di Jawa pada abad ke-14. Walisongo tersebar di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Mereka cepat dikenal masyarakat luas karena sering berdakwah tanpa memaksa mereka masuk Islam. Masyarakat muslim di Nusantara pasti sudah mengenal walisongo. Wali artinya wakil dan aongo artinya sembilan. Oleh karena itu, Walisongo adalah sembilan wakil atau wali Allah SWT. Perjalanan dakwah Walisongo menjadi bagian dari sejarah penyebaran Islam di Indonesia. Anda meninggalkan banyak jejak dalam khotbah. Walisongo membuat perbedaan besar bagi orang Jawa, yang sebagian besar beragama Hindu Buddha.

Sunan Gresik atau Sunan Thandes adalah keturunan langsung  Nabi Muhammad. Beliau adalah keturunan ke 22 dari Rasulullah SAW. Nasab Maulana Malik Ibrahim tercatat dalam Ensiklopedi Nasab Ahlul Bait yang merupakan kumpulan catatan dari As-Sayyid Bahruddin Ba`alawi Al-Husaini. Lahir di Samarkand, Asia Tengah, Sunan Gresik mempunyai tiga orang isteri. Sunan Gresik banyak dianggap sebagai wali yang pertama kali menyebarkan Islam di Pulau Jawa. Selain dakwah, beliau mengajarkan cara baru bercocok tanam untuk mengambil hati masyarakat kebanyakan, yakni mereka yang tersisihkan pada akhir kekuasaan Majapahit. Krisis ekonomi dan perang saudara pada waktu itu menimbulkan banyak penderitaan bagi masyarakat Jawa. Sunan Gresik membangun sebuah rumah kos di Leran, Gresik sebagai tempat menuntut ilmu agama untuk merebut hati masyarakat.

Check Also

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama! Jawaban Menurut pendapat …