Jelaskan 3 kategori teori keadilan (Theory of Justice)!

Jelaskan 3 kategori teori keadilan (Theory of Justice)!

Jawaban

Menurut Aristoteles, teori keadilan dibagi menjadi dua bagian yaitu keadilan distributif dan keadilan commutatif, dimana keadilan distributif yaitu suatu keadilan yang memberikan kepada tiap orang porsi menurut prestasinya. Sedangkan keadilan commutatif merupakan suatu hal yang memberikan sama banyaknya kepada setiap orang tanpa membeda-bedakan prestasinya dalam hal ini berkaitan dengan peranan tukar menukar barang dan jasa.

Menurut John Rawls, teori keadilan merupakan salah satu kebajikan utama dari hadirnya institusi-institusi sosial. Dengan demikian, kebajikan bagi seluruh masyarakat tidak dapat mengesampingkan maupun menggugat rasa keadilan dari setiap orang yang telah memperoleh rasa keadilan dan khususnya masyarakat lemah pencari keadilan.

Menurut Hans Kelsen, teori keadilan merupakan salah satu keadilan yang berasal dari alam yakni lahir dari hakikat dalam benda maupun hakikat manusia dari penalaran manusia maupun kehendak Tuhan.

Pembahasan

Keadilan merupakan setiap orang harus diperlakukan sesuai dengan hak-haknya bahkan tidak diperlakukan secara wewenang. Dengan demikian, keadilan dapat dilihat dari sudut pandang hukum yang berarti semua orang akan mendapatkan hak maupun diperlakukan secara sama dihadapan hukum. Dikarenakan hukum berfungsi untuk melindungi hak masyarakat terciptanya keadilan. Ada beberapa macam-macam keadilan, antara lain:

  1. Keadilan Komunikatif ataua Iustitia Communicativa, yang merupakan suatu keadilan yang memberikan kepada masing-masing orang terhadap apa yang menjadi bagiannya dengan berdasarkan suatu hak seseorang pada suatu objek tertentu.
  2. Keadilan Distributif atau Iustitia Distributiva, merupakan suatu keadilan yang menilai dari proporsionalitas maupun kesebandingan yang berdasarkan jasa, kebutuhan bahkan juga kecakapan. Dengan demikian, keadilan distributif sangat menuntut dalam memberikan kepada masing-masing sesuatu yang menjadi haknya secara individu.
  3. Keadilan Legal atau Iustitia Legailis, merupakan suatu keadilan beracuan pada undang-undang bahkan melindungi masyarakat untuk kebaikan secara bersama.

Check Also

Jelaskan macam-macam biaya produksi perusahaan dalam jangka pendek!

Jelaskan macam-macam biaya produksi perusahaan dalam jangka pendek! Jawaban Berikut macam-macam biaya produksi jangka pendek …