Apa yang dimaksud perilaku organisasi menurut 3 para ahli?

Apa yang dimaksud perilaku organisasi menurut 3 para ahli?

Jawaban

Menurut Toha (2001), bahwa perilaku organisasi merupakan salah satu studi yang menyangkut aspek-aspek tingkah laku manusia dalam suatu organisasi bahkan suatu kelompok tertentu.

Menurut John (1983), bahwa perilaku organisasi merupakan salah satu istilah yang agak umum dalam menunjukkan kepada sikap bahkan perilaku individu dan kelompok dalam organisasi dalam berkenaan dengan studi sistematis tentang sikap dan perilaku, baik menyangkut pribadi dan antar pribadi di dalam konteks organisasi.

Menurut Robbin SP (2001), bahwa perilaku organisasi merupakan salah satu bidang studi yang menyelidiki dampak perorangan, kelompok bahkan struktur pada perilaku dalam organisasi dalam menerapkan pengetahuan semacam memperbaiki keefektifan organisasi.

Pembahasan

Perilaku organisasi merupakan salah satu bidang studi yang didalamnya mempelajari tentang bagaimana seseorang maupun individu dapat bergerak dan berperilaku sesuai dengan organisasi. Ada beberapa manfaat perilaku organisasi adalah:

  1. Bertindak sebagai map dalam kehidupan anggota yang ada dalam organisasi.
  2. Dengan melakukan penelitian yang sistematis bahkan berguna dalam memahami dan juga memprediksi kehidupan organisasi tersebut.
  3. Dengan membantu setiap manajer dalam memahami dan juga mempengaruhi lingkungan dan juga kejadian atau masalah yang ada pada organisasinya.

Berikut ada beberapa elemen penting yang mampu mempengaruhi perilaku organisasi, antara lain:

  1. Manusia, merupakan salah satu sistem sosial di dalam internal organisasi artinya pada kelompok tersebut bisa dalam jumlah yang kecil maupun besar, informal atau formal dan tidak resmi maupun resmi.
  2. Struktur, merupakan suatu hubungan pada setiap orang yang terdapat di dalam suatu organisasi yang diberikan peran yang berada dan yang memiliki hubungan tertentu dengan yang lainnya.

Check Also

Pada tanggal 28 oktober 1928 peserta kongres pemuda mengucapkan ikrar

Pada tanggal 28 oktober 1928 peserta kongres pemuda mengucapkan ikrar Jawaban Kongres pemuda yang dilaksanakan pada …