Perbedaan pendekatan nilai guna kardinal dan ordinal?

Perbedaan pendekatan nilai guna kardinal dan ordinal?

Jawaban

Pendekatan nilai guna kardinal adalah salah satu pendekatan nilai guna yang dapat menilai manfaat yang diberikan dengan mengukur dari kuantitas maupun jumlahnya suatu barang yang dikonsumsi. Sedangkan nilai guna ordinal merupakan salah satu pendekatan yang dapat menilai manfaat yang diberikan oleh masyarakat dari kegiatan konsumsi suatu barang namun jumlah suatu barang yang dikonsumsi tidak bisa dihitung jumlahnya.

Pembahasan

Perilaku konsumen merupakan salah satu kegiatan yang berkaitan erat dengan proses pembelian barang maupun jasa. Dengan demikian, dalam membeli barang maupun jasa dalam melakukan berbagai macam pertimbangan misalnya mempertimbangkan harga, kualitas, dan fungsi maupun kegunaan dari barang maupun jasa tersebut. Ada beberapa ciri-ciri perilaku konsumen yang bersifat rasional, antara lain:

  1. Barang berdasarkan kebutuhan dan konsumen memberikan kegunaan optimal bagi konsumen.
  2. Memilih barang yang mutunya terjamin dan memilih barang yang harganya sesuai dengan kemampuan konsumen.

Nilai pakai merupakan suatu kemampuan benda dalam memenuhi kebutuhan hidup. Dengan demikian, nilai pakai dapat dibagi menjadi 2 yaitu

  1. Nilai pakai objektif, merupakan salah satu kemampuan dari suatu barang dalam memenuhi kebutuhan manusia.
  2. Nilai pakai subjektif, merupakan seseorang yang terhadap suatu barang maupun jasa sehubungan barang atau jasa tersebut dapat dipakai memenuhi kebutuhan hidup pribadi pemakainya atau unsur psikologis pemakainya.

Check Also

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari Jawaban Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah Beriman, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.