Mengapa kita harus memerhatikan kebutuhan bahan pangan saat ini?

Mengapa kita harus memerhatikan kebutuhan bahan pangan saat ini?

Jawaban

Memerhatikan kebutuhan pangan sangat penting di era saat ini, agar tidak terjadi krisis pangan di kemudian hari. Ada asalan kenapa negara perlu memerhatikan kebutuhan bahan pangan yaitu agar negara Indonesia tidak krisis bahan pangan untuk kebutuhan masyarakatnya. Beberapa cara dapat dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam memerhatikan kebutuhan pangan saat ini yaitu dengan memaksimalkan dan melakukan pengurangan bagian yang terbuang dari bahan baku pangan agar dapat berkontribusi terhadap penguatan ketahanan pangan. Hal tersebut dilakukan dengan kerja sama antara pemerintah pangan dengan masyarakat.

Pembahasan

Ketahanan pangan ialah sangat memungkinkan atau memperoleh suatu kondisi individu, penduduk, masyarakat itu mampu bertahan hidup secara aktif, sehat, produktif secara berkelanjutan terus-menerus. Faktor lain yang memengaruhi ketersediaan bahan pangan ialah perubahan iklim, keamanan pangan yang semuanya saling berkaitan.

Oleh karenanya, ketahanan pangan dapat terpenuhi dengan jumlah, kualitas, dan keamanan pangannya yang dari waktu ke waktu, daerah ke daerah dapat mudah diakses oleh masyarakatnya. Hal tersebut harus disambut jika memiliki dampak positif. Salah satu cara memanfaatkan kebutuhan pangan yaitu dengan memanfaatkan jerami yaitu hasil samping dari proses fermentasi yang mendaur ulangnya menjadi bahan yang digunakan sebagai pupuk organik untuk tanaman yang menjadi bahan bakunya, pemanfaatan ini biasanya dikenal dengan Siklus Bio (Bio-Cycle).

Bahan baku pengganti sangat diperlukan, salah satunya juga pemanfaatan jerami sebagai produksi asam aminonya. Menurut Ajinomoto, pemanfaatan jerami dapat menekan dampak air dalam produksi mereka hingga 75 persen, serta mengurangi penggunaan lahan dari 3.000 hektar menjadi nol.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …