Untuk mengukur tingkat pemahaman anda tentang hakikat kebudayaan, tolong anda jelaskan bagaimana pemahaman soal budaya tinggi tidak bisa dianggap lebih baik dibanding budaya populer, berikan contoh-contoh!

Untuk mengukur tingkat pemahaman anda tentang hakikat kebudayaan, tolong anda jelaskan bagaimana pemahaman soal budaya tinggi tidak bisa dianggap lebih baik dibanding budaya populer, berikan contoh-contoh!

Jawaban

Hakikat sebuah kebudayaan merupakan salah satu cara hidup yang berkembang bahkan dimiliki oleh sekelompok orang, serta diwariskan secara turun temurun  sehingga budaya tinggi tidak bisa disebut lebih baih dibandingkan dengan budaya populer. Contohnya tingkah laku yang diulang-ulang dan menjadi tradisi, bahasa sebagai simbol yang disepakati bersama dan cara hidup yang disepakati bersama.

Pembahasan

Kebudayaan merupakan suatu hal kompleks yang mencakup beberapa hal di dalamnya misalnya kepercayaan, kesenian, hukum, moral, adat istiadat dan kemampuan yang dapat diperoleh manusia sebagai bagian dari kelompok masyarakat tersebut. Ada beberapa ciri-ciri kebudayaan, antara lain:

  1. Budaya yang hadir di masyarakat akan dipelajari oleh generasi selanjutnya dan memiliki sifat yang dinamis maksudnya budaya dapat berubah sepanjang waktu.
  2. Dengan budaya dapat disampaikan oleh setiap individu maupun kelompok lain, dan diwariskan dari generasi ke generasi selanjutnya.
  3. Budaya yang memiliki sifat selektif dalam mencerminkan pola perilaku dan pengalaman manusia secara terbatas.
  4. Budaya yang memiliki unsur kepercayaan di dalamnya yang dipercayai oleh anggota masyarakat dengan memiliki kebudayaan tersebut.

Ada beberapa fungsi kebudayaan, antara lain

  1. Untuk meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat yang memiliki budaya tersebut.
  2. Untuk menimbulkan rasa toleransi dan rasa empati dari masyarakat.
  3. Untuk dijadikan sebagai sebuah sarana untuk dapat menjalin sosialisasi.
  4. Untuk media belajar.
  5. Untuk memberikan rasa identitas pada anggota kelompoknya dan untuk dapat meningkatkan kemantapan pada sistem sosial di masyarakat.
  6. Untuk memfasilitasi lahirnya komitmen pada suatu hal yang lebih besar dari kepentingan individu anggota kelompok masyarakat tersebut.

Check Also

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV!

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV! Jawaban Persekutan komanditer atau CV adalah salah satu bentuk dari …