Masuknya pengaruh Islam dalam bidang politik nampak pada?

Masuknya pengaruh Islam dalam bidang politik nampak pada?

Jawaban

Pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia dalam bidang politik dapat dilihat pada penggantian gelar kerajaan menjadi sultan, pemimpin disebut khalifah, dan dalam sistem kesultanan nilai-nilai Islam adalah penguasaan kekuasaan.

Pembahasan

Pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia,  pengaruh Islam di Indonesia telah mengubah berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Perubahan-perubahan ini dapat dilihat terutama di bidang-bidang berikut:

  1. Bidang politik. Sebelum Islam masuk ke Indonesia, kerajaan Hindu Buddha sedang berkembang. Setelah itu, pemerintah frustrasi dan digantikan  oleh pemerintah Islam. Pada masa Islam, konsep kerajaan berubah menjadi sultan. Di kerajaan hidrolik, nilai-nilai Islam menjadi dasar pengelolaan kelistrikkan.
  2. Bidang budaya. Perkembangan budaya Islam di Nusantara tidak serta merta menggantikan atau menghancurkan budaya yang  ada. Budaya Islam tentunya menyesuaikan dengan budaya yang ada dan melakukan modifikasi dan penyesuaian untuk menjaga konsistensi dengan ajaran Islam. Hal ini menyebabkan terjadinya akulturasi antara budaya Islam dengan budaya yang  ada.

Check Also

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi yang menandai masa kejayaannya adalah

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi …