Kerajaan yang telah dibangun oleh raja Airlangga akhirnya dibagi menjadi dua yaitu?

Kerajaan yang telah dibangun oleh raja Airlangga akhirnya dibagi menjadi dua yaitu?

Jawaban

Raja Airlangga sendiri membagi Kerajaan Medang Kamulan menjadi dua, yaitu Kerajaan Kediri dan Kerajaan Jenggala. Hal ini terjadi karena Airlangga memiliki dua orang putra bernama Sri Samarawijaya dan Mapanji Garasakan.

Pembahasan

Raja Kerajaan Kediri adalah keturunan Airlangga, Raja Medang Kamulan. Raja Airlangga sendiri membagi Kerajaan Medang Kamulan menjadi dua, menjadi Kerajaan Kediri dan KerajaanJenggala. Hal ini terjadi karena Airlangga memiliki dua orang putra,  Sri Samarawijaya dan Mapanji Garasakan. Untuk menghindari perpecahan kedua putranya, Airlangga memberikan Kediri (Panjar) kepada Samarawijaya dan Jenggala (Kahuripan) kepada Mapanji. Kedua kerajaan tersebut dipisahkan oleh Gunung Kawi dan Sungai Brantas.

Kerajaan sudah terbagi dua, namun baik Samarawijaya maupun Mapanji masih berperang karena  merasa berhak atas seluruh tahta Airlangga. Perang antara keduanya berlangsung selama 60 tahun. Bagaimanapun, Kerajaan Kediri lebih unggul dari Kerajaan Jenggala. Dengan kemenangan Kediri, ibukota kerajaan akhirnya dipindahkan dari Daha ke Kediri. Asal usul Kerajaan Kediri  tertuang dalam banyak kitab sastra, salah satunya ditulis oleh Mpu Sedah dan Mpu Panuluh dalam Kakawin Bharatayudha. Buku ini menceritakan tentang kemenangan Kediri atau Panjalu atas Jenggala. Sejak didirikan pada tahun 1045 M, Kerajaan Kediri terus berkembang  menjadi  kerajaan yang cukup kuat di Pulau Jawa.

Check Also

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur!

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur! Jawaban Karya miniatur adalah salah satu jenis dari …