Sebutkan syarat berdirinya negara yang membuka peluang untuk dapat mengadakan hubungan internasional adalah

Sebutkan syarat berdirinya negara yang membuka peluang untuk dapat mengadakan hubungan internasional adalah

Jawaban

Syarat berdirinya negara yang membuka peluang untuk dapat mengadakan hubungan internasional adalah negara harus merdeka atau de facto maupun de jure dan berdaulat atau kedalam maupun keluar. Dengan demikian, suatu negara yang belum merdeka penuh akan kesulitan menjalin hubungan dengan Negara lain dan begitu juga yang tidak berdaulat. Maka negara tersebut hanya seakan menjadi pelengkap dalam hubungan internasional.

Pembahasan

Hubungan internasional merupakan suatu interaksi manusia antar bangsa baik secara individu bahkan kelompok yang dilakukan secara langsung bahkan secara tidak langsung. Ada beberapa asas dalam hubungan internasional, yaitu:

  1. Asas teritorial, merupakan negara yang melaksanakan hukum bagi semua orang bahkan semua barang yang ada diwilayahnya terhadap semua barang maupun orang yang berada di luar wilayah yang berlaku hukum asing sepenuhnya.
  2. Asas kebangsaan, yang berdasarkan kekuasaan negara dalam melindungi warga negaranya dengan mempunyai kekuatan eksteritorial artinya hukum dari negara tersebut tetap berlaku bagi warga negara asing.
  3. Asas kepentingan umum, merupakan suatu wewenang negara dalam melindungi dan menganut suatu kepentingan dalam kehidupan bermasyarakat.

Ada beberapa manfaat hubungan internasional bagi Indonesia, antara lain:

  1. Ideologi, bermanfaat untuk menjaga bahkan mempertahankan kelangsungan hidup bangsa maupun negara.
  2. Politik, bermanfaat untuk menunjang pelaksanaan kebijakan politik maupun hubungan luar negeri yang digunakan dalam kepentingan nasional.
  3. Ekonomi, bermanfaat untuk menunjang upaya meningkatkan pembangunan ekonomi nasional dan menunjang upaya pemeliharaan dan pemulihan perdamaian, keamanan, bahkan stabilitas internasional.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …