Tahapan perkembangan manusia dari sudut pandang Freud!

Tahapan perkembangan manusia dari sudut pandang Freud!

Jawaban

Tahapan sudut pandang freud adalah

  1. Tahan infantil (0-5)
  2. Tahan latin (5-12)
  3. Tahap genital (<12 tahun)

Pembahasan

Perkembangan merupakan salah satu proses ke arah yang lebih sempurna dan tidak begitu saja dapat diulang kembali. Akan tetapi, proses ini kekal dan tetap yang menuju kearah organisasi pada tingkat integrasi yang lebih tinggi berdasarkan pertumbuhan, pemasakan bahkan belajar. Ada beberapa perbedaan pertumbuhan dan perkembangan, antara lain:

  1. Pertumbuhan bersifat kuantitatif sedangkan perkembangan bersifat kualitatif, dalam pertumbuhan dapat diukur dengan menggunakan angka misalnya pertambahan berat badan, pertumbuhan tinggi badan dan lain-lain sedangkan berdasarkan perkembangan yang berupa ide maupun kualitas atau ide-ide yang menjadi patokan dalam mengukur kemampuan kualitatif misalnya pengujian IQ pada anak bahkan kemampuan bahasa asing dengan kenaikan level ditempat les.
  2. Pertumbuhan akan berhenti pada usia tertentu sedangkan perkembangan akan berlangsung seumur hidup, dimana pertumbuhan pada manusia dapat berhenti pada usia matang tertentu, misalnya pertumbuhan tulang bahkan tinggi badan akan berakhir di usia akhir remaja. Dengan demikian, dalam panjang bulu mata seseorang juga akan berhenti pada batasan tertentu.
  3. Pertumbuhan akan tampak dari luar, sedangkan perkembangan akan berlangsung di dalam individu. Dalam pertumbuhan seseorang akan terjadi tanpa terlihat adanya pengamatan, misalnya saat kita membeli sepatu dalam ukuran biasanya tetapi ternyata sudah tidak muat lagi artinya kaki mengalami pertumbuhan. Sedangkan perkembangan tidak dapat dilihat kasat mata, contohnya tes ujian akhir siswa dapat dinilai apakah mengalami peningkatan maupun perkembangan dalam belajar.

Check Also

Arti penting surat perintah sebelas maret 1966 yang kemudian di sebut supersemar merupakan?

Arti penting surat perintah sebelas maret 1966 yang kemudian di sebut supersemar merupakan? Jawaban Surat …