Terangkan tentang kehidupan manusia di Indonesia dari masa ke masa!

Terangkan tentang kehidupan manusia di Indonesia dari masa ke masa!

Jawaban

Perkembangan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa praaksara terbagi ke dalam 3 periode. Periode tersebut adalah:

  1. Berburu dan meramu: Mereka belum memiliki kemampuan untuk memasak dan masih asing dengan api. Sehari-hari mereka hanya mengumpulkan makanan (food gathering) seperti tanaman umbi-umbian, buah, dedaunan dan langsung dikonsumsi tanpa adanya proses pemasakkan.
  2. Bercocok tanam: Kemampuan mereka mulai terasah pada masa ini. Mereka mulai bisa menghasilkan makanan (food producing) dengan cara bercocok tanam. Perbedaan paling signifikan dari masa sebelumnya adalah mereka tidak lagi berpindah pindah tempat dan mulai tinggal menetap. Hewan hewan ternak pun mulai ditangkap untuk diternak.
  3. Masa Perundagian: Masa ini juga sering disebut sebagai titik balik zaman praaksara. Manusia mulai cerdas dalam membuat peralatan logam. Di masa ini pula mereka mulai mengenal perdagangan. Semua berkembang secara cepat termasuk telah mengenal adanya kerajinan seperti batik tulis, gamelan, ukiran, dan perhiasan.

Pembahasan

Kehidupan manusia dari masa ke masa mengalami perubahan dan perkembangan. Awal mula manusia dimulai dari adanya manusia purba yaitu pada kehidupan manusia praaksara. Mereka hidup dengan berpindah pindah tempat ( secara nomaden).

Berdasarkan dari kehidupan sehari-harinya, manusia pada zaman praaksara dibagi kedalam 3 periode yaitu:

  1. Berburu dan meramu
  2. Bercocok Tanam
  3. perundagian

Check Also

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari Jawaban Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah Beriman, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.