Sebutkan aspek-aspek Trigatra dan jelaskan!

Sebutkan aspek-aspek Trigatra dan jelaskan!

Jawaban

Aspek trigatra sesuai dengan namanya maka terdiri dari 3 aspekKetiga aspek tersebut adalah letak dan bentuk geografis, keadaan dan kemampuan penduduk, serta keadaan dan kekayaan alam.

  • Letak dan bentuk geografis mencakup letak Indonesia yang strategis dengan bentuk kepulauan.
  • Keadaan dan kemampuan penduduk mencakup jumlah kematian dan jumlah kelahiran serta komposisi penduduk dan kemampuannya secara ekonomi.
  • Keadaan dan kekayaan alam mencakup seluruh sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan di Indonesia.

Pembahasan 

Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap bangsanya sendiri dengan tujuan untuk mencapai tujuan nasional dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan. Dalam konsep wawasan nusantara terdapat dua aspek. Aspek tersebut disebut sebagai astagatra yang terdiri dari trigatra aspek alamiah dan pancagatra aspek sosial.

Trigatra adalah aspek alamiah dalam konsepsi wawasan nusantara yang merupakan hal yang telah dimiliki alami oleh bangsa Indonesia. Aspek trigatra ini meliputi 3 aspek sebagai berikut :

  • Letak dan bentuk geografis mencakup letak Indonesia yang strategis diantara 2 benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Serta 2 samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Sedangkan letak berdasarkan astronomis Indonesia terletak pada 6 LU – 11 LS dan 95 BT – 141 BT.
  • Keadaan dan kemampuan penduduk mencakup jumlah kematian dan jumlah kelahiran serta komposisi penduduk dan kemampuannya secara ekonomi dan pendidikan.
  • Keadaan dan kekayaan alam mencakup seluruh sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan di Indonesia. Sumber daya alam ini dapat berupa sumber daya alam yang dapat diperbarui maupun sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Pancagatra adalah aspek sosial dalam konsepsi wawasan nusantara yang keberadaannya mungkin saja dan dapat diubah dan tidak bersifat paten. Aspek pancagatra ini meliputi 5 aspek sebagai berikut :

  • Ideologi, yakni konsep cita-cita dasar yang ingin dicapai oleh bangsa Indonesia. Ideologi bangsa Indonesia sendiri adalah Pancasila.
  • Politik, yakni asas kebijakan dalam menjalankan alur pemerintahan. Di Indonesia sendiri menganut sistem politik Demokrasi Pancasila.
  • Ekonomi, yakni kegiatan baik pemerintah maupun masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidupnya. Keadaan ekonomi Indonesia dapat ditingkatkan dengan program ketahanan pangan.
  • Sosial Budaya, yakni kondisi dinamika budaya bangsa Indonesia dalam rangka mengatasi ATHG atau ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan.
  • Pertahanan dan keamanan, yakni metode untuk mengatasi ATHG dan menjaga keamanan serta keutuhan NKRI.

Check Also

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur!

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur! Jawaban Karya miniatur adalah salah satu jenis dari …