Pola aliran sungai yang terdapat pada daerah datar adalah

Pola aliran sungai yang terdapat pada daerah datar adalah

Jawaban

Yang terdapat pada daerah datar yaitu pola aliran dendritik.

Pembahasan

Pola aliran sungai merupakan suatu kumpulan dari sungai-sungai yang memiliki bentuk yang sama dalam hal menggambarkan kondisi profil bahkan genetik sungai itu sendiri. Dengan terbentuknya pola aliran sungai disebabkan adanya faktor alami yaitu jenis tanah dan juga bantuan, topografi, morfologi, kemiringan, tingkat erosi bahkan struktur geologi. Ada beberapa jenis pola aliran sungai, adalah:

  1. Pola aliran dendritik, merupakan suatu pola aliran sungai dengan cabang aliran yang menyerupai garis-garis yang ada di penampangan daun.
  2. Pola aliran radial, merupakan salah satu pola aliran yang arah alirannya disebabkan secara radial dari titik ketinggian tertentu, contohnya puncak gunung berapi bahkan puncak pencurian magma.
  3. Pola aliran sungai radial sentripetal, pola aliran sungai ini hampir sama dengan pola aliran sungai radial, akan tetapi sebenarnya keduanya berkebalikan.
  4. Pola aliran sungai rektangular, yang memiliki pola aliran rektangular yang akan dikontrol oleh struktur geologi, contoh halnya struktur rekahan bahkan juga struktur patahan. Dengan demikian, sungai ini memiliki pola aliran rektangular umumnya terjadi pada struktur batuan yang beku.

Check Also

Arti penting surat perintah sebelas maret 1966 yang kemudian di sebut supersemar merupakan?

Arti penting surat perintah sebelas maret 1966 yang kemudian di sebut supersemar merupakan? Jawaban Surat …