Perbedaan koperasi dan bank sebagai lembaga keuangan

Perbedaan koperasi dan bank sebagai lembaga keuangan

Jawaban

Koperasi dan bank sama-sama merupakan lembaga keuangan, namun terdapat perbedaan di antara keduanya yaitu koperasi bertujuan untuk mendapatkan dana dari anggotanya serta untuk menyejahterakan anggotanya tersebut. Sedangkan bank bertujuan untuk menghimpun dana serta menyalurkan dana dari masyarakatnya sendiri.

Pembahasan

Koperasi adalah badan usaha yang memiliki anggota perseorangan, modal dari koperasi ini diperoleh melalui semua anggotanya, sehingga jalannya koperasi harus sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan bersama. Sedangkan bank adalah sebuah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat yang berbentuk simpanan dan menyalurkannya dalam bentuk pinjaman.

Selain perbedaan tujuan koperasi dan bank, terdapat pula perbedaan dari segi layanan dan pajak bunga. Dari segi layanan, koperasi hanya dilakukan dengan cara meminjamkan dana kepada anggotanya saja, sedangkan dalam layanan bank yaitu memberikan layanan kepada dengan cara menyalurkan dana pada semua orang. Dari segi pajak bunga, pajak bunga untuk koperasi adalah sebesar 10%, sedangkan untuk bank sebesar 20% dari jumlah bruto.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …