Contoh ancaman bangsa Indonesia di bidang politik yang baru terjadi

Contoh ancaman bangsa Indonesia di bidang politik yang baru terjadi

Jawaban

Terdapat berbagai ancaman bangsa Indonesia, salah satunya adalah ancaman di bidang politikAncaman bangsa Indonesia di bidang politik yang baru saja terjadi adalah kasus korupsi yang dilakukan oleh Hasanudin Ibrahim yaitu mantan dirjen kementrian yang melakukan korupsi pupuk.

Pembahasan

Ancaman di bidang politik dapat diartikan sebagai tindakan dan upaya yang dapat mengancam kedaulatan negara, berkenaan dengan hal politik atau semacamnya.

Ada dua jenis ancaman dibidang politik, yaitu ancaman dalam negeri dan dari dalam negeri. Ancaman dari dalam negeri dapat berupa kudeta, separatisme, KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme). Kudeta yaitu penggunaan kekuatan yang berupa pengerahan massa untuk menjatuhkan suatu pemerintahan yang berkuasa.

Separatisme yaitu suatu kelompok yang hendak memisahkan diri dari suatu golongan, persatuan, atau bangsa untuk mendapatkan dukungan. KKN yaitu korupsi, kulosi dan nepotisme.

Sedangkan ancaman dari luar negeri dapat berupa terorisme, terorisme adalah penggunaan ancaman kekerasan tanpa pandang bulu baik terhadap musuh atau sekutu dalam mencapai tujuan-tujuan politik.

Check Also

Mengapa sikap disiplin diperlukan dalam kehidupan Anda?

Mengapa sikap disiplin diperlukan dalam kehidupan Anda? Jawaban Sikap disiplin sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari yaitu …

Leave a Reply

Your email address will not be published.