Jelaskan pentingnya hubungan antara negara, hukum, dan demokrasi dalam upaya penegakan HAM!

Jelaskan pentingnya hubungan antara negara, hukum, dan demokrasi dalam upaya penegakan HAM!

Jawaban

Antara Hak Asasi Manusia & negara demokrasi mempunyai interaksi yang sangat erat. HAM nir mungkin eksis pada suatu negara yang bersifat totaliter ( nir demokratis ), tetapi kebalikannya negara  yang demokratis pastilah mengklaim eksistensi  HAM. Kondisi yang diharapkan untuk merealisasikan upaya penegakan HAM merupakan adanya nilai demokratis pada pada kerangka negara aturan ( rule of law state ).

Penjelasan

HAM adalah hak yang dianugerahkan sang Tuhan Yang Maha Esa pada setiap individu pada bumi. Setiap orang harus  menjaga, melindungi dan menghormati haknya setiap orang.

Negara adalah organisasi yang berfungsi buat menjalankan kepentingan generik pada daerah aturan, pada batasan yang sudah ditetapkan melalui undang-undang, yang sudah disepakati bersama.

Negara, Hukum dan Hak Asasi Manusia. Dalam sebuah negara aturan, sesungguhnya yang memerintah merupakan aturan, bukan manusia. Hukum dimaknai menjadi kesatuan hirarki tatanan kebiasaan aturan yang berpuncak dalam konstitusi. Supremasi konstitusi tadi adalah konsekuensi menurut konsep negara aturan, sekaligus adalah aplikasi demokrasi lantaran konstitusi merupakan wujud perjanjian sosial tertinggi

Check Also

Jelaskan cara penggambaran watak tokoh dalam cerita!

Jelaskan cara penggambaran watak tokoh dalam cerita! Jawaban Pengarang pastinya pengin ceritanya tersampaikan dengan baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published.