Perkembangan IPTEK masa kolonian Belanda

Perkembangan IPTEK masa kolonian Belanda

Jawaban

Perkembangan IPTEK dari masa kolonian Belanda yaitu :

Pada masa kolonial perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi belum begitu maksimal. Pemerintah kolonial lah yang menjadi penyebab perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di indonesia. Pemerintah kolonial menghalangi akses-akses masuknya ilmu pengetahuan dan teknologi dari barat ke Indonesia.

Mereka juga melakukan pelarangan terhadap pendidikan bagi masyarakat Indonesia untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Akibatnya indonesia tertinggal jauh dengan negara-negara di sekitarnya. Negara keseluruhan penyebab lain dari ketertinggalan Indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi adalah sebagai berikut .

Terbatasnya jumlah orang Indonesia yang mendapat pendidikan terutama pendidikan tinggi bermasyarakat Indonesia jarang terlibat langsung dalam pengembangan iptek. Pemerintah Belanda dan perusahaan-perusahaan yang berada di Indonesia untuk melakukan alih teknologi.

Pembahasan

Iptek adalah singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau yang lebih dikenal dengan akronim.

Seperti umumnya iptek juga mempunyai berbagai dampak, seperti dampak positif dan negatif, yang dimana hal tersebut tergantung penggunaan setiap orang. Apabila orang tersebut menyalahgunakan maka akan terjadi dampak negatif dan juga sebaliknya.

Dampak negatif iptek:

  1. Rusaknya moral.
  2. Individualisme.
  3. Membuat orang malas.
  4. Mudah menyebarnya fitnah.

Dampak positif iptek:

  1. Memudahkan mencari informasi.
  2. Menjadikan zaman lebih modern.
  3. Mengurangi bahan alami yang semakin menipis dan langka.

Check Also

Perbedaan antara ilmu pemerintahan dan ilmu manajemen pemerintahan dari segi hakikat

Perbedaan antara ilmu pemerintahan dan ilmu manajemen pemerintahan dari segi hakikat Jawaban Ilmu pemerintahan merupakan suatu …