Usability adalah sejauh mana sebuah sistem dapat digunakan oleh?

Usability adalah sejauh mana sebuah sistem dapat digunakan oleh?

Jawaban

Sejauh mana sebuah sistem dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai target yang ditetapkan dengan efektivitas, efisiensi bahkan mencapai kepuasan penggunaan dalam konteks tertentu disebut usabillity.

Pembahasan

Usabillity merupakan salah satu peran yang menunjukkan sejauh mana produk dapat digunakan. Dengan demikian, dalam pengguna produknya spesifik pada kelompok tertentu dengan tujuan menggunakan produk juga jelas. Ada beberapa ciri-ciri produk yang memiliki usabillity tinggi, antara lain:

  1. Efektivitas, dalam mencapai tujuan secara tepat sasaran. Misalnya ada pada dalam aplikasi pembayaran. Dengan demikian, ada spasi di antara deretan nomor rekening dengan menekan peluang kesalahan saat mengetik yang akan membuat pengguna mudah dalam mengisinya,
  2. Efiensi, merupakan soal kecepatan. Dengan demikian, dapat ditingkatkan melalui shortcut contohnya dapat menekan tombol Ctrl dan C untuk meng-copy adalah jalan pintas dapat mempersingkat pencapaian tujuan dan mengeklik tombol mouse kanan lantas akan muncul menu copy.
  3. Engagement, yang dapat diartikan sebagai ikatan atau estetika serta desain yang mempengaruhi dan memilih font yang tepat. Hal ini juga diperhatikan dalam produk sesuai dengan konteks sehingga pengguna dapat mencapai tujuannya dengan mudah.
  4. Toleransi eror, merupakan hal yang berbagai kesalahan yang mungkin dilakukan pengguna, seperti tidak sengaja menghapus emaill dan pengguna juga dapat menekan tombol yang salah. Dengan demikian, hal ini dapat dicegah dengan mendesain tombol dengan jelas atau bedakan tampilan tombol dengan fungsi berbeda.

Check Also

Perbedaan antara ilmu pemerintahan dan ilmu manajemen pemerintahan dari segi hakikat

Perbedaan antara ilmu pemerintahan dan ilmu manajemen pemerintahan dari segi hakikat Jawaban Ilmu pemerintahan merupakan suatu …