Sebutkan beberapa unsur penting dibentuknya suatu identitas nasional, meliputi apa saja, serta berikanlah contohnya?

Sebutkan beberapa unsur penting dibentuknya suatu identitas nasional, meliputi apa saja, serta berikanlah contohnya?

Jawaban

Unsur penting dibentuknya identitas sosial yaitu:

  1. Suku bangsa, contohnya suku jawa, suku batak, suku sasak, dan lain-lain.
  2. Bahasa, contohnya bahasa sunda, bahasa dayak, dan lain-lain.
  3. Kebudayaan, contohnya tarian tradisional, lagu-lagu daerah, pakaian adat dan rumah adat yang beraneka ragam bentuknya.
  4. Agama, contohnya agama kristen, agama islam, agama katolik, agama Budha, agama hindu dan agama Khongucu.

Pembahasan

Identitas nasional merupakan salah satu nilai-nilai budaya yang tumbuh bahkan berkembang dalam aspek kehidupan satu bangsa dengan ciri-ciri khas bahkan dengan ciri-ciri yang khas tadi suatu bangsa berbeda dengan bangsa lain dalam kehidupannya. Ada beberapa pembentukan identitas nasional adalah

  1. Faktor primordial, merupakan salah satu faktor bawaan yang secara alami ada maupun melekat pada bangsa, seperti geografi, ekologi, bahkan demografi.
  2. Faktor kondisional, merupakan salah satu keadaan yang bisa mempengaruhi terbentuknya identitas nasional, misalnya faktor konsional yaitu sosial, politik, sejarah bahkan kebudayaan bangsa Indonesia.
  3. Faktor sakral, merupakan salah satu bentuk identitas nasional yang meliputi agama bahkan ideologi yang membentuk bangsa. Hal ini menganut ideologi Pancasila dan para tokoh bahkan pemimpin memakai faktor ini dalam menyatukan bangsa negara.

Check Also

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV!

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV! Jawaban Persekutan komanditer atau CV adalah salah satu bentuk dari …