Unsur yang dapat menunjukkan bilangan oksidasi paling positif dalam senyawa adalah

Unsur yang dapat menunjukkan bilangan oksidasi paling positif dalam senyawa adalah

Jawaban

Setiap atom memiliki bilangan oksidasi yang berbeda-beda. Ada yang hanya memiliki 1 bilangan oksidasi, ada juga yang memiliki banyak kemungkinan bilangan oksidasi. Bilangan oksidasi bisa bernilai positif maupun negatif. Pada soal ini, bilangan oksidasi paling positif dimiliki oleh atom klor, yaitu +7.

Pembahasan

Bilangan oksidasi adalah suatu bilangan yang menunjukkan muatan positif atau negatif yang dimiliki atom saat berikatan dengan atom lain. Sebagai atom tunggal, setiap atom juga memiliki bilangan oksidasi (atau yang sering disingkat biloks) = 0 karena tidak sedang berikatan dengan atom manapun.

Setiap atom memiliki 1 hingga beberapa kemungkinan bilangan oksidasi, tergantung bagaimana atom tersebut berikatan dengan atom lain. Ya, biloks atom dapat ditentukan secara pasti berdasarkan struktur Lewisnya. Namun, pembahasan ini harus dibahas secara terpisah karena penjelasannya sangat panjang. Kalian dapat melihat kemungkinan-kemungkinan biloks atom di tabel periodik unsur yang kalian punya. Tabel periodik unsur yang lengkap sudah mencantumkan biloks setiap atom di sana. Secara sederhana, biloks atom kurang lebih dapat digeneralisir seperti ini.

  • Biloks atom-atom golongan IA = +1, IIA = +2, Al = +3
  • Biloks atom-atom selain golongan IA, IIA, dan Al = nomor golongan hingga nomor golongan dikurangi 8.

Misal, biloks atom O (oksigen) dan S (belerang) yang terletak di golongan VIA = = +6 hingga -2, biloks N (nitrogen) yang terletak di golongan VA = +5 hingga -3, biloks Cl (klor) yang merupakan anggota golongan VIIA = +7 hingga -1, dan atom C (karbon) yang merupakan golongan IVA = +4 hingga -4.

 

Jadi, di antara oksigen, belerang, nitrogen, klor, dan karbon, atom yang dapat memiliki biloks paling positif adalah klor, yaitu +7.

Check Also

Kongres pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan?

Kongres pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan? Jawaban Kongres Pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan Perhimpunan Pelajar-Pelajar …