Tuliskan 5 falsafah dalam Moh Limo!​

Tuliskan 5 falsafah dalam Moh Limo!​

Jawaban

5 Falsafah dalam Moh Limo adalah

  1. Moh madhat
  2. Moh madon
  3. Moh main
  4. Moh minum
  5. Moh maling

Pembahasan

Moh Limo berasal dari bahasa Jawa yang merupakan prinsip kehidupan di ajarkan oleh Sunan Ampel, anggota walisongo yang terkemuka.

Moh Limo sendiri artinya tidak mau melakukan lima hal. Adapun lima hal tersebut berkaitan dengan hal perilaku maksiat yang berkembang dalam masyarakat di masa Sunan Ampel.

Prinsip tersebut sengaja dibuat oleh Sunan Ampel adalah untuk memperbaiki etika masyarakat yang rusak pada masa itu. Filosofi itupun dianggap masih relevan pada saat ini. Rincian dari Moh Limo tersebut adalah:

  1. Moh madhat berarti tidak ingin mabuk. Maksudnya adalah  tidak menggunakan barang-barang yang dapat menyebabkan seseorang mabuk seperti candu.
  2. Moh madon memiliki arti tidak memainkan wanita. Maksudnya adalah tidak melakukan zina dengan lawan jenis yang bukan mahram-nya.
  3. Moh main memiliki arti tidak bermain. Adapun bermain yang dimaksud yaitu main judi, seperti main kartu dengan mempertaruhkan uang.
  4. Moh minum memiliki arti tidak minum. Adapun minum yang dimaksud adalah meminum minuman yang memabukkan, seperti minum arak dan khamr.
  5. Moh maling memiliki arti tidak mencuri, yaitu mengambil barang orang lain yang bukan hak nya.

Check Also

Jelaskan macam-macam biaya produksi perusahaan dalam jangka pendek!

Jelaskan macam-macam biaya produksi perusahaan dalam jangka pendek! Jawaban Berikut macam-macam biaya produksi jangka pendek …