Sebutkan 5 zat tunggal dan 5 zat campuran!

Sebutkan 5 zat tunggal dan 5 zat campuran!

Berikut ini merupakan beberapa contoh zat tunggal dan zat campuran:

  • Contoh zat tunggal yaitu air, gula, garam, kawat besi, kawat tembaga, gas oksigen dan gas hidrogen.
  • Contoh zat campuran yaitu larutan sirup, larutan garam, larutan gula, campuran tanah dan kerikil, campuran pasir dan air, bahan beton dan sebagainya.

Pembahasan

Zat tunggal merupakan sebuah materi yang di mana hanya terdiri dari satu jenis materi saja sehingga dinamakan tunggal. Sedangkan yang dimaksud dengan zat campuran merupakan sebuah zat, benda atau materi yang di mana disusun atas beberapa campuran unsur zat unggul.  Zat campuran dibagi menjadi dua jenis, diantaranya yaitu :

  • Zat campuran homogen merupakan zat campuran antara dua zat atau lebih yang di mana partikel-partikel penyusunnya tidak dapat dibedakan atau samar. Zat campuran heterogen dapat disebut juga dengan larutan. Contoh larutan homogen adalah campuran antara air dan sirup (larutan sirup), campuran air dan garam (larutan garam), campuran air dan gula (larutan gula.)
  • Zat campuran heterogen merupakan campuran dua zat atau lebih yang tidak tersusun sempurna. Berbeda dengan zat campuran homogen. Pada zat campuran heterogen, zat penyusunnya masih dapat dibedakan atau tidak samar. Contoh zat campuran heterogen yaitu campuran tanah dan kerikil, campuran pasir dan air, bahan beton, dan sebagainya.