Jelaskan langkah langkah membuat boneka dari kain flanel!

Jelaskan langkah langkah membuat boneka dari kain flanel!

Jawaban

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk membuat boneka dari kain flanel:

  • Pertama-tama kita dapat mempersiapkan alat dan bahan. Adapun berikut ini adalah alat dan bahan yang digunakan untuk membuat boneka dari kain flanel:
  1. Kain flanel dengan warna sesuai keinginan kita.
  2. 4 buah kancing baju yang berukuran 3/4 inci.
  3. Benang sulam.
  4. Kapas, dacorn atau isian untuk boneka.
  5. Gunting
  6. Jarum jahit.
  7. Jarum pentul atau klip.
  8. Kertas (untuk membuat pola).
  • Kedua, kita dapat membuat pola terlebih dahulu. Pola ini berupa pakaian yang dapat menggunakan pola yang sudah ada kemudian kita dapat mencetaknya dan memotong pola tersebut. Kemudian potong kain flanel mengikuti pola badan boneka. Potong juga pada mata dan hidung dengan flanel. Setelah itu, potong kain aneka warna lainnya sesuai dengan pola pakaian boneka yang ada.
  • Ketiga, kita dapat menempelkan mata dan hidung boneka pada selembar potongan badan boneka yang di mana nantinya akan menjadi bagian depan. Kemudian jahit pada bagian mata dan boneka dengan benang sulam di bagian kepala boneka. Untuk mulut boneka, kita dapat menggunakan teknik jahit sederhana menggunakan benang. Kemudian tempel keempat kancing ke potongan boneka yang bersama dengan mata dan hidung dan jahit 2 kancing pada masing-masing di sisi atas lengan dan 2 sisi atas kaki.
  • Keempat, mulailah menjahit kedua potongan badan boneka. Gunakan jarum pentul atau jepitan untuk menahan kedua potongan boneka agar lebih mudah dijahit. Jahit 2 lembar potongan badan boneka di bagian pinggirnya. Kita dapat menyisakan sedikit lubang untuk tempat mengisi isian boneka. Kemudian isi badan boneka dengan isian yang telah disiapkan tadi. Gunakan potongan-potongan kecil kapas atau dacorn untuk mengisi boneka dari kaki sampai kepala, jangan lupa untuk mengisi bagian telinga.
  • Kelima, untuk membuat membuat pakaian boneka, kita dapat menggunakan pola yang ada untuk memotong pakaian. Kemudian, lipat flanel menjadi dua untuk memotong celah lubang kancing tersebut. Setelah itu, setiap lubang kancing dengan kancing agar sesuai dengan lubang yang ada. Kita memperbesar sedikit lubang tergantung pada ukuran kancing yang kita gunakan.
  • Keenam, setelah pakaian boneka jadi, pasangkan pakaian tersebut dengan kancing yang ada. Pakaian dapat dilepas dan diganti dengan pakaian lain.

Pembahasan

Boneka merupakan salah satu mainan yang paling disukai anak, khususnya anak perempuan. Boneka juga dianggap dapat mengasah imajinasi anak. Boneka kesayangan biasanya diberi nama, baju, bahkan diperlakukan layaknya makhluk hidup. Secara tidak langsung boneka dapat melatih emosi anak.