Jelaskan trigatra wawasan nusantara dalam aspek keadaan dan kemampuan penduduk.

Jelaskan trigatra wawasan nusantara dalam aspek keadaan dan kemampuan penduduk.

Jawaban

Penduduk sendiri dapat disebut dengan sekelompok manusia yang mendiami suatu tempat atau wilayah. Trigatra wawasan nusantara dalam aspek keadaan dan kemampuan penduduk sendiri ada 3 faktor yang dapat mempengaruhi, antara lain seperti:

  1. Jumlah penduduk.
  2. Komposisi penduduk.
  3. Distribusi penduduk.

Pembahasan

  • Faktor yang mempengaruhi jumlah penduduk dapat berubah yakni karena kematian, kelahiran, pendatang baru, dan orang yang meninggalkan wilayahnya. Segi positif dari pertambahan penduduk yakni pertambahan angkatan kerja atau manpower dan pertambahan tenaga kerja atau labour force. Sedangkan dari segi negatifnya, apabila pertumbuhan penduduk tidak seimbang dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tidak diikuti dengan usaha peningkatan kualitas penduduk.
  • Faktor yang mempengaruhi komposisi penduduk sendiri dapat beraneka ragam, baik dari suku, agama, ras, dan golongan. Komposisi sendiri bisa disebut dengan susunan penduduk menurut umur, kelamin, agama, suku bangsa, tingkat pendidikan, dan lain sebagainya. Susunan penduduk itu dipengaruhi oleh mortalitas, fertilitas, dan migrasi. Fertilitas sangat berpengaruh besar terhadap umur dan juga jenis penduduk golongan muda yang bisa menimbulkan persoalan penyediaan fasilitas pendidikan, perluasan lapangan kerja, dan lain sebagainya.
  • Faktor yang mempengaruhi distribusi penduduk, distribusi penduduk yang ideal sendiri ialah distribusi yang bisa memenuhi persyaratan kesejahteraan dan keamanan yaitu penyebaran merata. Oleh karena itu, pemerintah perlu memberikan kebijakan yang mengatur penyebaran penduduk, misalnya dengan cara transmigrasi, mendirikan pusat-pusat pengembangan atau growth centers, pusat-pusat industri, dan lain sebagainya. Kemampuan penduduk yang tidak seimbang dengan pertumbuhan penduduk maka dapat menimbulkan ancaman-ancaman terhadap pertahanan nasional bangsa.